Lomba Perpudes dan kelurahan se Riau

Perpudes Jangkang Jawara Satu Tingkat Provinsi Riau

Sahdan
Perpudes Jangkang Jawara Satu Tingkat Provinsi Riau

BENGKALIS (katakabar) – Perpustakaan Desa Jangkang, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis menorehkan prestasi gemilang, jawara pertama di tingkat Provinsi Riau. 

Prestasi yang ditorehkan Desa Jangkang itu lomba Perpustakaan Umum desa dan kelurahan terbaik se Propinsi Riau yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

“Alhamdulillah Perpudes Jangkang meraih prestasi yang membanggakan 2019, keberhasilan ini berkat kerja keras semua pihak. Prestasi ini tidak hanya mengaharumkan nama desa tapi Kabupaten Bengkalis", kata Pengelola Perpusdes Jangkang Elissa di ujung telepon genggamnya kemarin.
 
Cerita Elissa, Perpusdes Jangkang mampu mengalahkan peserta lainnya yang diikuti 6 kabupaten/kota yakni, Siak, Pelalawan, Rohul, Kampar, Rohil, dan Dumai yang dibuka Kadis Perpustakaan provinsi Riau, H Rahoma Erna.

Di perlombaan tersebut, Kabupaten Bengkalis meraih juara I di susul Kabupaten Rohul juara 2 berikutnya, juara 3 diraih Kabupaten Kampar, juara 4 diraih Kabupaten Rohil, juara 5  Kota Dumai dan juara 6 Kabupaten Pelalawan.

Atas prestasi menyandang juara pertama level Provinsi Riau ujar Elissa, Perpusdes Jangkang selajutnya bakal melakukan persiapan ke tingkat nasional.  

"Mohon doa dan dukungan semua pihak biar dapat meraih prestasi yang gemilang di tingkat nasional", kata wanita berkacamata itu.

Dilanjutkannya Lisa di sapa akrab, kreteria penilaian lomba ada sebelas kreteria penilaian sesuai standar nasional. Rinciannya, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan. 

Selain itu, kreteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Perpusdes Jangkang berdiri Tahun 2014 silam, memiliki 1272 judul buku meliputi, buku karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains/murni, ilmu terapan, kesenian/olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi dan peta.

“Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah/hibah dan juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan,” kata Lisa yang saat ini dirinya dibantu satu orang staf bernama Jasmitaria.
Selanjutnya Lisa menambahkan, Perpusdes Jangkang memiliki program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang".

Program kerja jangka pendek meliputi, memperkenalkan/mempromosikan Perpusdes kesekolah dan seluruh kalangan masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebulan sekali, kemudia memfasilitasi Perpusdes sesuai kebutuhan pembaca, dilaksanakan sesuai jam kerja, dan memperkenalkan Perpusdes pada kelompok PKK, agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar keluarga.

Program kerja jangka menengah yakni dengan memberikan reward (penghargaan) kepada pemustaka, hal tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya program jangka panjang, membuat pondok baca diluar gedung perpustakaan, menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.
Dibagian lain, Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno mengucapkan selamat dan tahniah kepada Perpusdes jangkang yang telah membawa nama harum Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis di tingkat Provinsi.

“Selamat kepeda kepada buk Lisa dan mita karna telah memberikan yang terbaik untuk Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis,” kata Edi.

Pemerintah Desa Jangkang berkomintmen untuk terus memajukan, dan meningkatkan sarana dan prasarana Perpusdes, hal tersebut terbukti karena setiap tahunnya ada bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes.

“Dengan bantuan dana desa untuk membangun Perpusdes, maka tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat akan lebih cepat teruwjud, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda di Desa Jangkang", sebutnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :