Tentang Capaian Polri Untuk NKRI

Sahdan
Tentang Capaian Polri Untuk NKRI

Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat memimpin upacara HUT Bhayangkara ke-73 di lapangan komplek Kantor Camat Mandau di Duri, kemarin. Foto: Sahdan

Duri (katakabar) - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin jadi inspektur upacara sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 2019 di lapangan Komplek Perkantoran Kecamatan Mandau di kawasan jalan Sudirman Duri, kemarin.

Berjejer orang nimbrung di upacara itu. Mulai dari Korsik, Pengucap Tri Brata, Pama Polres Bengkalis, TNI Kodim 0303 Bengkalis, Polsek Mandau, Sat Samapta Polres Bengkalis, Sat Lantas Polres Bengkalis, Polsek Pinggir, Sat Intelkam, Reskrim dan Narkoba, Dishub, Sat Pol PP,  Ormas Senkom, Ormas Pemuda Pancasila dan Ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK).

Amril kemudian membacakan amanat Presiden Jokowi; atas nama rakyat, bangsa, dan Negara Indonesia, saya mengucapkan, selamat Hari Bhayangkara ke-73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara  Republik Indonesia, di mana pun saudara bertugas.

Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan  perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah seperti Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. 

Polri dan TNI pun sudah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga  terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan pun dapat terselenggara dengan aman, mulai dari  perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019 hingga Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia. Begitu pula bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

Polri sudah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, hingga kejahatan siber.

Begitu juga kejahatan yang berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi. 

Dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri sudah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

"Capaian itu merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan  yang penuh kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun saudara mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada  masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif," panjang lebar Amril membacakan amanah itu.

Atas berbagai capaian itu, Bupati berharap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Tapi dia meminta supaya capaian itu menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab tantangan ke depan Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Upacara tadi kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial, penyerahan sepeda motor dari Pemkab Bengkalis untuk Polres Bengkalis, penyerahan sembako, penyerahan alat tulis untuk anak sekolah, dan dilanjut acara hiburan; tari melayu (dayung merindu), Reog Penorogo dan Barong Sai.

Di upacara tersebut hadir Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH, Dandim 0303 di wakili Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Inf Dedik Wahyu Widodo, Kejari Bengkalis Heru, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijayash, Kepala Bea Cukai Bengkalis Muhammad Munif, Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly, Kepala satpol PP Kab. Bengkalis Jentri Ginting, Ketua Lam Mandau, para Camat se-Kabupaten Bengkalis dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait