Rayakan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah

Amril, Imbau dan Ajak Seluruh Panitia dan masyarakat Bawa Wadah Ambil Daging Kurban

Amril, Imbau dan Ajak Seluruh Panitia dan masyarakat Bawa Wadah Ambil Daging Kurban

Bupati Bengkalis imbau seluruh panitia dan warga pakai wadah ambil daging kurban. Foti Ist.

Rayakan Idul Adha 1440 Tanpa Sampah

Bengkalis (katakabar) – Umat Islam di penjuru dunia khususnya di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau bakal merayakan hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, pada 11 Agustus 2019.

Di hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, setelah salat berjamaah hari raya haji, seluruh panitia masjid dan mushala melaksanakan peyembelihan dan pembagian daging kurban. Hal itu, berpotensi meningkatnya timbulan sampah plastik. Itu pun kalau wadahnya menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Sempena hari raya Idul Adha 1440 Hijiriyah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lewat Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahasa (PSLB3), tertanggal 31 Juli 2019, menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang, Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah.

Berikut Surat Edaran Nomor, SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2019, tertanggal 31 Juli 2019 yang ditandatangani Direktur Jenderal (Dirjen) PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati tersebut ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota se indonesia.

Menindaklanjuti SE dari Kementerian KLHK, untuk mendukung pelaksanaan kampanye nasional “Kendalikan Sampah Plastik”, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin kemarin mengimbau dan mengajak seluruh panitia pembagian daging kurban di Kabupaten Bengkalis untuk tidak menggunakan kantong plastik.

Begitu pula, kepada warga yang mendapat pembagian daging kurban, Bupati Amril Mukminin mengimbau dan mengajak membawa wadah atau tempat sendiri yang dipakai atau didaur ulang.

“Mari wujudkan Idul Adha 1440 Hijriyah tanpa sampah. Bawalah wadah dari rumah yang bisa dipakai ulang atau dapat dikomposkan. Jangan membawa wadah yang dapat menimbulkan sampah plastik,” sebutnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait