Kukerta di Desa Damai

Mahasiswa UNRI Dorong Ekonomi Lewat Tangan Tangan Kreatif Kaum Ibu

Mahasiswa UNRI Dorong Ekonomi Lewat Tangan Tangan Kreatif Kaum Ibu

Bengkalis (katakabar) - Mahasiswa Universitas Riau Kuliah Kerja Nyata di Desa Damai, Kecamatan Bengkalis. Di sana, mahasiswa menggelar kegiatan keterampilan buat kaum ibu rumah tangga.

Bertempat di Kantor Desa Damai kegiatan keterampilan ala mahasiswa UNRI, hadir Ketua TP PKK Desa Damai, Fatimah dan Wakil Ketua TP PKK,  Asnawati bersama anggota TP PKK serta Aparatur Desa kemarin.

“Kegiatan keterampilan ini, sebuah inovasi pemanfaatan potensi lokal yang ada di Desa Damai. Tujuannya, untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat desa lewat pemanfaatkan tangan tangan kreatif ibu ibu yang ada,” ujar Ketua koordinator Kukerta Desa Damai, Brilant Muhammad Ayyash.

Pada kerajinan tangan ini memanfatkan bahan pokok berupa, daun karet, nangka, sirsak dan mangga serta bahan pendukung lainnya. Bahan Pokok tadi bakal ‘disulap’ menjadi bunga hias yang indah sehingga mampu bernilai ekonomis bagi masyarakat pengrajin andai dipasarkan.

“Tata cara membuat kerajinan tangan ini dijelaskan secara detil dengan mendemonstrasikan langkah demi langkah pembuatannya. Lepas itu, ibu ibu Desa Damai langsung mempraktekkannya dengan panduan."

Diceritakan Brilant beserta rekan rekan Kukertanya, dengan inovasi keterampilan yang bersifat daur ulang seperti, pohon karet yang tidak menghasilkan getah bisa menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat. Bahkan daunnya pun mampu bernilai rupiah, jika di olah menjadi sebuah kerajinan tangan.

"Kami, para mahasiswa dan ibu ibu Desa Damai masih haus akan ilmu berharap bisa menjadi orang kreatif dengan memanfaatkan peluang sebaik mungkin seperti, mengolah daun karet bernilai jual," imbuhnya.

Ketua TP PKK Desa Damai, Fatimah mengatakan, apresiasi setinggi tingginya, bangga serta bahagia atas kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Damai.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, para ibu ibu jadi dapat ilmu dan  wawasan baru. Di masa datang, pelatihan keterampilan yang diberikan Mahasiswa UNRI dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai penghasilan tambahan,” katanya.

Aanya kegiatan ini, dirinya selaku Ketua TP PKK Desa akan coba membentuk satu kelompok khusus nantinya akan mengolah dan mengelola kerajinan tangan dari bahan daun karet.

“Insya Allah.., kami berupaya dan bila sudah berjalan dan layak dipasarkan bakal bekerjasama dengan BUMDes untuk memasarkan produk yang telah diajarkan anak anak yang Kukerta di Desa Damai."

Terimakasih kepada seluruh Mahasiswa Kukerta dari UNRI di bawah Dosen Pembimbing Lapangan, Zaiful Bahri, S.Si., M.Kom jurusan Sistem Informatika FMIPA UNRI yang telah memberikan ilmu yang luar biasa kepada ibu ibu rumah tangga di Desa, sebutnya.

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait