Satgas Karlahut Berjibaku di Sebelah Barat Duri

Berjuang Padamkan dan Dinginkan Titik Api Yang Hajar Lahan Seluas Empat Hektar

Berjuang Padamkan dan Dinginkan Titik Api Yang Hajar Lahan Seluas Empat Hektar

Satgas Karlahut Berjuang Keras padamkan titik api yang menghajar lahan seluas Empat hektar di kawasan Cucut. Foto Ist.

Bathin Solapan (katakabar) - Sejak Sabtu (21/9 hingga Minggu (22/9) petang, Satuan Tugas gabungan Kebakaran lahan dan Hutan berjibaku di sebelah Barat Duri persisnya di kawasan Cucut, RT 04, RW 03, Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi yang pimpin langsung pemadaman dan pendinginan titik api yang menghanguskan lahan seluas Empat hektar, didampingi Wakapolsek Mandau, AKP Ali Suhud yang melibatkan sebanyak Empat Puluh Satu orang personil rinciannya, Sepuluh orang dari Polri, Delapan orang dari TNI, Dua orang MPA, Damkar Kecamatan Mandau Sepuluh orang, Satu dari BPBD, Sekurity PT Egnatio Enam orang beserta Kades Petani, Buluh Manis,  Kadus Petani dan Kadus Buluh Manis.

"Lahan yang terbakar seluas kurang labih Empat hektar yang ditubuhi sawit dan semak belukar. Kondisi lahan kering dengan kultur tanah jenis gambut, lantaran cuaca sangat panas sehingga rawan terbakar", kata Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi kepada awak media lewat siaran persnya tadi pagi.

Soal sumber air yang digunakan untuk memadamkan titik api yang menghanguskan lahan tersebut dari air parit.

Sementara, peralatan yang digunakan untuk memadamkan titik api berupa, Tujuh unit pompa air.

Tapi nama pemilik lahan yang terbakar belum diketahui. Satgas Karlahut sudah melakukan tindakan, mendatangi, melakukan cek, mencatat keterangan dari saksi saksi lapangan serta mendokumentasikan tempat kejadian perkara.

"Pemadaman dan pendinginan sudah dilakukan dengan menggunakan mesin pompa air yang memanfaatkan air parit yang berada di tempat kejadian".

Kondisi saat ini, titik api yang membakar lahan sudah mulai padam tapi, masih mengeluarkan asap dari dalam tanah membumbung tinggi ke udara.

Alhamdulillah, selama berlangsung giat pemadaman dan pendinginan situasi aman dan terkendali.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait