Sosialisasi KIP, Transparansi Suatu Keharusan di Era Digital

Sosialisasi KIP, Transparansi Suatu Keharusan di Era Digital

Pinggir (katakabar) – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis taja sosialisasi undang undang Nomor 14 tahun 2008 tentang, Keterbukaan Informasi Publik di kantor Kecamatan Pinggir Dua hari lalu.

Pesertanya, Kepala Desa sebanyak Tiga Puluh Dua orang. Para Kades dicekoki bagaimana meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Transparansi atau keterbukaan merupakan suatu keharusan di era digital sekarang ini. Pemerintah khususnya, wajib membuka akses informasi bagi masyarakat seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik, Mohd Elkhusairi.

Kata Elkhusairi, meningkatnya keterbukaan informasi otomatis meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program pembangunan. masyarakat juga turut berpartisipasi baik melalui pengawasan atau memberikan rekomendasi. “Sehingga, mereka tidak bertanya-tanya itu, apa yang dikerjakan pemerintah sebenarnya,” ujarnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi perlu dilakukan komunikasi dan koordinasi berkala untuk menyamakan persepsi terkait informasi seperti apa yang bisa dipublikasikan.

Harapannya, lewat kegiatan sosialisasi, kepada badan publik dapat menjalankan dan menerapkan dengan baik UU KIP Nomor 14 tahun 2008 tentang, keterbukaan informasi publik, sehingga kedepannya dapat diminimalisir terjadinya pelanggaran pelanggaran dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai badan publik, tandasnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait