Tentang Produk Hortikultura Asal Sumut Yang Mendunia

Tentang Produk Hortikultura Asal Sumut Yang Mendunia

Labuhan Batu Utara (katakabar) - Pembangunan pertanian di beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara meliputi, Kabupaten Batu Bara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhan Batu Utara, Labuan Batu Induk dan Labuan Batu Selatan terbilang sukses lantaran sudah membuahkan hasil.

Produk hortikultura dari Enam Kabupaten ini telah menjadi langganan dan pemasok ke manca negara.

"Keberhasilan itu tercapai berkat kerjasama antara pemerintah pusat dan kabupaten hingga petani berjalan dengan baik yang di dukung hasil berlimpah, kemudahan layanan dan pasar ekspor yang tersedia," kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil saat lakukan kunjungan kerja ke tempat pemeriksaan karantina lain di gudang pemilik, UD Khairatama di Labuhan Batu Utara, Sumut, Dua hari lalu.

Kata Jamil, produk hortikultura asal Sumut yang diminati pasar global berupa, buah jeruk nipis, salak, alpukat, sirsak, kecombrang dan pisang kepok.

Khusus untuk pisang kepok, tren peningkatan yang signifikan. Tercatat, sebanyak Empat Ratus Delapan Puluh Tujuh kali sertifikasi ekspor pisang kepok dengan tonase 3,1 ribu ton senilai Rp 14,6 miliar ke Malaysia terhitung dari Bulan Januari hingga Bulan September 2019.

Sementara, di periode sama Tahun 2018. Jumlah sertifikasi ekspor dengan tujuan sama hanya Dua Ratus Lima Puluj Dua kali, volumenya 1,4 ribu ton dengan nilai Rp 764,9 milyar, Dua kali lipat peningkatannya, sebut Jamil.

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait