Pemeliharaan Mesin, Daya Mampu Sentrum Pangkalan Batang Rendah

Pemeliharaan Mesin, Daya Mampu Sentrum Pangkalan Batang Rendah

Bengkalis (katakabar) – Daya Mampu kelistrikan pada pembangkit listrik Pangkalan Batang berkurang dam rendah saat ini, lantaran adanya pekerjaan pemeliharaan mesin Dua unit meliputi, mesin Caterpillar #1 dan Caterpillar #4.

Kondisi daya mampu tambah parah, dengan adanya gangguan mesin pembangkit PT Megapower Dua unit, kata Manajer PT PLN (Persero) Rayon Bengkalis, Hasdedy kemarin.

Pekerjaan pemeliharaan ujar Hasdedy, mesti dilaksanakan mengingat jam kerja mesin sudah melampaui batas maksimal.

Secara keseluruhan Daya Mampu menjadi 17 MW (MegaWatt). Beban Puncak dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 22:00 WIB 20,5 MW, terjadi Defisit artinya, daya mampu berkurang sebesar 3,5 MW pada saat Beban Puncak.

"Maaf atas terjadinya pemadaman listrik pada saat Beban Puncak. Kondisi kelistrikan di pulau Bengkalis saat ini mesti dijelaskan secara terang benderang kepada seluruh pelanggan PLN Bengkalis.

Menurutnya, untuk menjaga kehandalan sistim kelistrikan di pulau Bengkalis, pihaknya terpaksa melakukan pemadaman listrik bergilir pada saat Beban Puncak sebesar 3 MW hingga 3,5 MW.

Andai di luar Beban Puncak terjqdi listrik padam, itu disebabkan gangguan pada jaringan listrik 20.000 Volt yang membentang di sepanjang pulau Bengkalis.

Pemicu listrik padam belakangan ini di waktu pagi, siang dan sore hari, umumnya disebabkan gangguan hewan seperti, kera,  gangguan pohon yang mengenai jaringan listrik lantaran tiupan angin kencang atau faktor cuaca.

Terkait itu, PLN Bengkalis tetap berupaya mempercepat proses pemeliharaan tapi, tidak bisa dilakukan dengan cepat sebab, pekerjaan memerlukan ketelitian dan teknisi yang berkompeten. 

Saat ini pekerjaan sedang berlangsung, untuk mesin Caterpillar #4, pekerjaan pemeliharaan kemungkinan 1 minggu kelar asumsinya, tidak ada gangguan teknis lainnya sehingga bisa berdampak berkurangnya defisit dan berkurangnya pemadaman yang berlangsung saat ini.

PLN Bengkalis bakal menambah unit mesin sebanyak  Dua unit dengan kapasitas 2 MW masih dalam proses relokasi.

Nah, untuk usaha jangka panjang soal kehandalan pasokan tenaga listrik, PLN tetap mengkoneksikan sistim listrik pulau Sumatera ke Bengkalis via kabel laut.

Dengan koneksi sistim listrik pulau sumatera diharapkan,  kemampuan daya listrik untuk Bengkalis menjadi berlipat ganda. Pekerjaan ini membutuhkan perencanaan yang sangat teliti dan perlu waktu serta dukungan dari semua pihak.

Untuk sekian kali, atas nama manajemen manajemen PLN Bengkalis, maaf atas ketidaknyamanan.

Harapannya, pekerjaan tidak ada kendala dan kelistrikan kembali normal seperti semula, tandasnya.

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait