Cara Manual Apa Daring, PLID Siap Layani Informasi Dari Warga

Cara Manual Apa Daring, PLID Siap Layani Informasi Dari Warga

Bengkalis (katakabar) – Pusat Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis sudah siap melayani permintaan informasi dari warga, baik secara manual dan layanan online alias dalam jaringan (daring).

“PLID sudah siap melayani dalam bentuk manual artinya, warga datang langsung dan melayani permintaan dengan cara online lewat jaringan", ujar Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik (PPIP) Diskominfotik Bengkalis, Mohd Elkhusairi kemarin.

Kata Eri di sapa akrab, jarak jauh tidak jadi penghalang untuk mendapatkan infromasi di era saat ini. Setiap warga bisa dari rumah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan android.

Saol pengelolaan informasi dan dokumentasi di Kabupaten Bengkalis, sejak beberapa Tahun belakangan ini sudah terbentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama namanya. 

Cara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan masyarakat, setiap orang bisa mendapatkan informasi dari Badan Publik, bisa langsung mengakses internet ppid.bengkaliskab.go.id

Setiap publik yang minta informasi, lebih duli mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga publik/ormas dilengkapi foto copy akta pendirian, surat keterangan terdaftar di Bakesbangpol setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.

Terus mencantumkan maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya. Petugas memberi tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik kepada pemohon informasi publik.

Sekedar diketahui, hingga priode September 2019, jumlah pemohon informasi kepada PPID Utama Kabupaten Bengkalis sudah mencapai 31 pemohon dengan jumlah informasi yang diminta sebanyak 54 informasi.

"Setiap ada permintaan informasi dari perorangan maupun organisasi, langsung direspon PPID Utama untuk segera diproses selama memenuhi di pemohonan melengkapi persyaratan. Permohonan bakal diproses selama 10 hari kerja. Dan bila informasi belum dikuasai maka PPID Utama memberitahu pemohon penambahan waktu selama 7 hari kerja", tandasnya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait