Mewah, BMPT Dua Kantor Kecamatan di Kabupaten Bengkalis Capai Rp 12,1 Miliar

Mewah, BMPT Dua Kantor Kecamatan di Kabupaten Bengkalis Capai Rp 12,1 Miliar

Bengkalis (katakabar) - Mewah Mewah, kata ini pas dialamatkan kepada Belanja Modal Pengadaan Tanah Dua kantor Kecamatan, Bathin Solapan dan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Soalnya, duit rakyat dari APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2018 lalu terkuras lebih kurang Rp 12,1 Miliar cuma untuk Belanja Modal Pengadaan Tanah Dua kantor Kecamatan.

Berdasarkan data dan dokumen yang diperoleh katakabar.com pada Pekan ke Tiga Oktober 2019, dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (Formulir DPA SKPD 2.2.1) yang di teken mantan Camat Bathin Solapan selaku Pengguna Anggaran (PA), Azuar SH dan Pejabat Pengelola Keuangan, Aulia. 

"Tersurat bahwa, Belanja Modal Pengadaan Tanah Kecamatan Bathin Solapan yang dibiayai dari APBD Kabupaten Bengkalis Tahun anggaran 2018 lalu sebesar lebih kurang Rp 10 Miliar".

Begitu pula Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (Formulir DPA SKPD 2.2.1) yang di teken mantan Camat Talang Muandau, Ruslan selaku Pengguna Anggran dan Pejabar Pengelola Keuangan, Aulia.

"Tersurat bahwa, Belanja Modal Pengadaan Tanah Kecamatan Talang Muandau yang dibiayai dari APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2018 lalu lebih kurang sebesar Rp 2,1 Miliar".

Dari berbagai sumber katakabar.com menyebutkan, pengadaan tanah kantor Kecamatan Bathin Solapan lokasinya di Jalan Lintas Duri - Dumai berkisar Kilometer 14, Kulim masuk ke dalam kawasan Desa Sebangar.

Sementara, pengadaan tanah kantor Kecamatan Talang Muandau lokasinya berada nun jauh berkisar Lima Puluh Kilometer dari pusat perkotaan Duri, Kabupaten Bengkalis.

Untuk menjangkau lokasi tanah kantor Kecamatan Talang Muandau, mesti lewat Jalan Gajah Mada terus ke Jalan Hasan C melewati kantor Desa Tasik Serai kilometer 33 sehingga butuh waktu berjam jam lamanya baru tiba di lokasi, kabarnya masuk ke dalam kawasan Desa Beringin di sebelah Selatan Duri.

Ada Jalan alternatif untuk menjangkau lokasi tanah kantor Kecamatan Talang Muandau, bisa dari simpang Intan Jalan Lintas Duri - Pekanbaru menyusuri ruas jalan tanah kuning melewati areal perkebunan kelapan sawit nantinya lewat ruas jalan tanah kuning biasa dilintasi truk truk berat yang mengangkut kayu balak PT Arara Abadi.

Mewah dan besarnya nilai BMPT Dua kantor Kecamatan yang dibiayai dari duit rakyat menimbulkan pertanyaan di ranah publik. 

Apa dasar Pihak Terkait dalam menentukan BMPT kantor Dua Kecamatan dinilai mewah dan fantastis sebab, lokasi tanah kantor Dua Kecamatan berada di kawasan pedesaan bukan di kawasan kelurahan.

Kalau boleh bercermin kepada ganti rugi tanah untuk keperluan pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera di kawasan Kecamatan Bathin Solapan. Tanah warga yang terkena untuk keperluan dan kepentingan dampak ruas Jalan Tol Trans Sumatera harga per meternya kabarnya kisaran Rp 40 Ribu meter hingga Rp 120 Ribu per meter.

Lantas, sebenarnya berapa harga tanah per meter buat lokasi kantor Kecamatan Bathin Solapan.

Begitu pula, kalau di telisik BMPT kantor Kecamatan Talang Muandau. Sebenarnya berapa harga tanah per meternya di kawasan Kecamatan Talang Muandau.

Dari berbagai informasi yang di peroleh katakabar.com menyebutkan, harga Satu hektar lahan sawit kisaran Rp 80 Juta hingga Rp 100 Juta.

Andai, pengadaan tanah kantor Kecamatan Talang Muandau cuma seluas 4 hektar. Anda bisa bayangkan duit yang dibutuhkan untuk membiayai dan membeli tanah tersebut.

Untuk itu, Pihak terkait yang terlibat dalam BMPT Dua Kecamatan perlu menjelaskan kepada publik khusus masyarakat biar tidak bias dan menjadi fitnah. Bersambung...

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait