Viral, Video Harimau Sumatera Muncul di Area Pipa Minyak Siak

redaksi
Viral, Video Harimau Sumatera Muncul di Area Pipa Minyak Siak

Tangkapan layar video harimau sumatera

Pekanbaru, katakabar.com - Seekor Harimau Sumatera terlihat berjalan-jalan di sekitaran pipa minyak kawasan konservasi Taman Nasional Zamrud, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Masyarakat yang melintas di lokasi merekam aktivitas satwa bertaring tajam itu, hingga viral di media sosial.

Keberadaan harimau dewasa itu diketahui berada di Kilometer 23. Dalam rekaman berdurasi 2 menit 51 detik itu, harimau terlihat pada pukul 17.30 WIB.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, mengatakan setelah mendapat informasi valid soal harimau tersebut, pihaknya langsung menurunkan tim ke lapangan untuk pengecekan.

“Harimau sumatera itu muncul beberapa hari lalu, yaitu pada 1 November, kami turunkan tim tanggal 2," kata Suharyono, Minggu (3/11).

Setelah tiba di lokasi, ternyata benar, tim BBKSDA menemukan adanya jejak harimau dewasa. Namun batang hidung harimau itu tidak terlihat. "Harimau itu diduga berasal dari landscape GSK dengan Taman Nasional TN Zamrud," ucap Suharyono.

Tim BBKSDA tetap melakukan pemetaan untuk mengantisipasi muncul kembali harimau. "Pemetaan kawasan dalam kemampuan jangkau dari jelajah harimau sumatera dewasa," jelasnya.

Suharyono meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan anarkis bila menemukan harimau dan segera melapor ke petugas berwenang. Warga dilarang menganiaya harimau apalagi sampai membunuhnya.

"Mohon masyarakat agar tidak anarkis terhadap satwa yang sangat dilindungi tersebut," ucap Suharyono.

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait