Makanan Penyebab Pengapuran Tulang yang Harus Kamu Ketahui

redaksi
Makanan Penyebab Pengapuran Tulang yang Harus Kamu Ketahui

Ilustrasi

Pekanbaru, katakabar.com - Pengapuran tulang atau osteoarthritis merupakan kondisi seseorang mengalami nyeri pada sendi, leher, lutut, siku, pinggul, punggung bagian bawah, dan lain-lain. Kondisi tersebut tentu mengganggu aktivitas.

Osteoarthritis disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, genetika, kegemukan, pola makan, kelainan bentuk tulang, cedera pada sendi, maupun penyakit metabolisme tertentu.

Pengapuran tulang dapat dicegah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, di antaranya:

Makanan Mengandung Garam Tinggi

Meskipun lezat, makanan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan pengapuran tulang. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung garam menyebabkan sel menahan air, sehingga sel akan mengalami pembengkakan. Hal ini dapat memicu kerusakan pada sendi.

Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan pengapuran tulang. Mengonsumsi makanan junk food dapat menyebabkan kolesterol dan menaikkan berat badan, sehingga akan menambah tekanan pada lutut dan memicu radang sendi.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Makanan yang mengandung gula memang nikmat, tetapi gula dapat memicu pelepasan sitoksin yang merupakan protein kecil membawa sinyal peradangan ke dalam tubuh.

Produk Olahan Susu

Mengonsumsi produk olahan susu secara berlebihan dapat memicu rasa nyeri pada sendi. Pada beberapa orang, mengonsumsi produk olahan susu dapat menyebabkan iritasi di jaringan sendi, sehingga memicu rasa nyeri pada sendi.

Dilansir dari Honestdocs, apabila terlanjur menderita osteorarthritis, beberapa makanan ini dapat menjadi pilihan konsumsi Anda:

Makanan Mengandung Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C mengandung antioksidan yang diperlukan untuk pembentukan tulang rawan. Kekurangan vitamin C dapat meningkatkan masalah pengapuran tulang.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Makanan yang mengandung vitamin D dapat membantu mencegah kerusakan pada tulang rawan, dan mengurangi penyempitan pada membrane sinovial.

Makanan Kaya akan Beta-karoten

Salah satu kandungan makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita osteoarthritis yaitu beta-karoten. Makanan dengan beta-karoten mengandung antioksidan kuat yang dapat menghancurkan radikal bebas sebelum membahayakan persendian.

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak yang baik untuk penderita osteoarthritis. Asam lemak ini mengurangi peradangan dengan menekan produksi sitoksin dan enzim yang merusak tulang rawan.

Bioflavoid

Bioflavonoid seperti antosianin dan quercetin banyak terdapat di alam. Efek anti inflamasi quercetin cukup kuat dan serupa dengan obat anti inflamasi nonsteroid seperti aspirin dan ibuprofen yang tentu baik untuk penderita pengapuran tulang.

Makanan Kaya Rempah-rempah

Makanan yang kaya akan rempah-rempah memiliki efek anti inflamasi. Di antara khasiat yang paling baik adalah jahe dan kunyit. Cara membuatnya yaitu dengan cara memarut jahe segar dan dapat ditambahkan pada salad makanan atau salad.

Selain itu, jahe dapat dibuat minuman berupa minuman jahe hangat. Sehingga penderita osteoarthritis dapat mencoba dua opsi tersebut sesuai dengan selera.

Berdasarkan penelitian jurnal natural products diketahui bahwa manfaat dari kunyit yaitu dapat membantu meringankan radang sendi dengan menekan bahan kimia penyebab peradangan pada tubuh.

Dilansir dari Alodokter, dijelaskan bahwa mengatasi pengapuran tulang secara mandiri dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Berolahraga

Salah satu cara untuk mengatasi pengapuran tulang yaitu dengan berolahraga. Olahraga secara rutin dapat menguatkan otot-otot sendi yang mengalami pengapuran.

Menurunkan Berat Badan

Mengurangi berat badan dapat dilakukan untuk mengurangi sendi yang mengalami tekanan berlebih.

Menggunakan Obat Pereda Rasa Sakit

Penggunaan obat pereda rasa sakit yang dijual bebas di apotik dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Mengompres dengan Air Dingin atau Hangat

Penderita osteoarthritis tentu akan merasakan sakit nyeri, hal ini dapat diringankan dengan mengompres air dingin atau hangat. Kompres hangat untuk melemaskan otot, dan kompres dingin untuk meredam kram otot dan nyeri.

Memakai Alat Bantu

Penderita osteoarthritis tentu membutuhkan alat bantu berupa seperti tongkat untuk membantu dalam beraktivitas.

Penderita Osteoarthritis dapat Menjalani Terapi dengan Bantuan Dokter atau Ahli Medis

 

Terapi Okupasi

Terapi okupasi bertujuan agar penderita dapat beraktivitas biasa tanpa memperburuk kerusakan sendi.

Fisioterapi

Fisioterapi atau terapi fisik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penderita dalam bergerak dan mengurangi rasa sakit.

Sepatu Khusus

Pada terapi ini, sepatu pasien akan diberikan bantalan yang mengurangi rasa sakit saat berjalan atau berdiri.

Penderita osteorarthrtis tentu harus memperhatikan banyak hal agar dapat sembuh atau beraktivitas seperti biasa tanpa rasa sakit. Oleh karena itu, perlunya kesadaran untuk mengubah menjadi perilaku hidup sehat seperti mengubah pola makan dan rajin berolahraga atau terapi perlu dilakukan agar penderita osteoarthritis dapat beraktivitas seperti sedia kala

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait