Reuni 212, Anies Baswedan Hingga Fadli Zon Hadir

redaksi
Reuni 212, Anies Baswedan Hingga Fadli Zon Hadir

Reuni 212. ©2019 Merdeka.com

Pekanbaru, katakabar.com - Massa menggelar acara reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sejumlah tokoh turut hadir dalam acara itu.

Ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Waketum Partai Gerindra Fadli Zon. Reuni kali ini mengangkat tema 'Munajat dan Maulid Akbar Reuni 212'.

Anies dalam sambutannya mengatakan, kalau acara ini merupakan keempat kalinya massa dari berbagai wilayah berkumpul. Anies mengaku, dalam acara ini selalu membawa pesan damai bagi seluruh masyarakat.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan ribu yang datang banyak yang khawatir, Insya Allah hari ini ketika semua berkumpul maka yang dikirimkan adalah tugas pesan yang sama. Hari ini semua berjalan dengan tenang dan damai," katanya di lokasi, Senin (2/12).

Anies Berpidato

Menurut Anies, Indonesia sering sekali dipuji oleh negara lainnya. Sebab, lanjutnya, bangsa Indonesia sering menarik perhatian karena keberagamannya.

"Saya ingin sampaikan dalam kesempatan ini, yang unik dari bangsa Indonesia bukan hanya soal keberagaman, banyak bangsa-bangsa lain yang tidak kalah beragam dengan Indonesia. Lihat Tiongkok, lihat Papua Nugini, lihat Afganistan. Mereka semua tak kalah beragam dari kita. Apa yang unik? Bangsa Indonesia dibanding yang lain? Keunikan kita adalah kini adalah persatuan Indonesia," bebernya.

"Dan semua yang berada di tempat ini semua adalah cermin persatuan Indonesia. Karena itu kita seringkali mendorong mengangkat mengatakan kita beragam, ya benar, tetapi banyak yang beragam. Yang sesungguhnya hebat dari Indonesia di sini adalah persatuan. Tetapi persatuan itu tidak dijaga dengan retorika, persatuan itu tidak dijaga hanya dengan mengirimkan tulisan atau lisan persatuan itu dijaga dengan menghadirkan keadilan," sambungnya.

Oleh karena itu, tambahnya, dirinya meminta kepada pemerintah agar memberikan keadilan bagi warganya. Bahkan, Anies membanggakan dirinya kalau saat ini dirinya tengah membangun infrastruktur bagi warga Jakarta.

"Bapak ibu sekalian para ulama para habaib inilah yang sekarang menjadi fokus perhatian kami di Jakarta. Bahwa kami tidak hanya membangun infrastruktur fisik, justru yang menjadi perhatian kami adalah kami ingin menegakkan dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta," katanya.

Tak lama usai pidato, Anies kemudian meninggal acara karena harus berkantor. Acara tersebut dimulai sejak subuh tadi.

Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab sempat pidato melalui video. Hingga pukul 08.45 WIB, massa berangsur-angsur membubarkan diri.

 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait