Perizinan Terganjal RT/RW

Ilegal! Eksploitasi Galian C Tetap Beroperasi di Rokan Hulu

Yahya Siregar
Ilegal! Eksploitasi Galian C Tetap Beroperasi di Rokan Hulu

Anggota DPRD Rohul, Arisman S.sos. Foto Yahya

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Izin usaha eksploitasi galian C, ada yang sudah kadaluarsa dan ada pula yang tidak punya sama sekali izin sama sekali tapi, masih tetap beroperasi dan berjalan melakukan penambangan krikil (eskavasi) di Negeri Seribu Suluk nama lain dari Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Lemahnya pengawasan dari pemerintah daerah dan Dinas Terkait membuat aktivitas tambang ilegal tetap beroperasi dan berjalan mulus. Apatah lagi, sebagian para pengusaha berdalih dalam pengurusan izin tambang atau galian C terganjal RT/RW yang tengah di bahas saat ini.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Arisman S.Sos, masalah perizinan memang tidak bisa dikeluarkan lantaran terkait dengan RT/RW. Pemkab Rohul mestinya punya solusi, bukan membiarkan akrivitas eksploitasi galian C beroperasi tidak ada pemasukan terhadap Pandapan Asli Daerah (PAD).

"Galian C ini skala Rokan Hulu, apa Bupati Rokan Hulu, H Sukiman punya keberanian untuk membereskan itu. Nyata,  tidak ada pemasukan untuk daerah dari sektor galian C. Pengusaha galian C dibiarkan tetap melakukan ekploitasi".

Memang, ratusan pengusaha galian C di Rohul belum bisa memperpanjang izin. Lantas, apakah ratusan "residivis" pengusaha galian C terus terusan merampok hasil bumi rohul", sebut Arisman.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait