Benarkah Ponsel Dapat Sebabkan Kemandulan?

Benarkah Ponsel Dapat Sebabkan Kemandulan?

Ilustrasi / net

JAKARTA - Apakah Anda termasuk dengan seseorang yang selalu menggunakan ponsel selama lebih dari empat jam? Jika iya, maka Anda memiliki risiko lebih besar mengalami impotensi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Austria dan Mesir, penggunaan ponsel yang berlebihan membuat seorang pria berisiko mengalami disfungsi ereksi. Para peneliti percaya risiko tersebut disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti mengumpulkan 20 pria dengan masalah disfungsi ereksi dan 10 pria sehat dalam hal seksualitas. Tidak ada perbedaan antara kedua kelompok tersebut perihal usia, berat badan, tinggi badan, merokok, serta kadar testosteron.

Hasilnya, para ilmuwan menemukan pria yang memiliki disfungsi ereksi menggunakan ponsel rata-rata 4,4 jam sehari, sedangkan pria yang tidak mempunyai masalah seksual menggunakannya rata-rata 1,8 jam.

Berkaitan dengan hasil tersebut, para ilmuwan yang terlibat percaya bahwa ponsel dapat berdampak buruk pada kesuburan seorang pria. "Pria yang menggunakan ponsel berlebihan sama saja dengan mempertaruhkan kesuburan mereka," kata perwakilan ilmuwan.

Walaupun demikian, pada kenyataannya masih banyak orang yang menggunakan smartphone mereka dengan berlebihan. Perlu diingat, tidak hanya kesehatan yang terganggu, kehidupan sosial Anda bukan tidak mungkin akan terkena dampaknya. Demikian seperti dikutip dari News 18, Minggu (22/5/2016). 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait