6 Cara mudah cegah karang gigi tumbuh

Sahdan
6 Cara mudah cegah karang gigi tumbuh

Ilustrasi / Net

Meski kamu sudah menjaga kebersihan gigi dengan baik, masih ada bakteri dalam mulut. Bakteri ini akan bercampur dengan protein dan sisa makanan yang menempel di gigi yang biasa disebut plak gigi. Penumpukan plak di gigi akan membuatnya menjadi tartar atau karang gigi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengontrol pertumbuhan karang gigi, seperti dilansir WebMD.

  • Sikat gigi secara teratur, dua kali sehari selama setidaknya 2 menit. Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk bisa masuk ke dalam mulut.
  • Sebuah penelitian menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat menyingkirkan plak lebih baik dari sikat biasa.
  • Pilih pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi. Produk tersebut dapat membantu mencegah plak mengeras dan menjadi karang gigi.
  • Melakukan flossing untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.
  • Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Bakteri di mulut berkembang karena makanan manis dan bertepung. Ketika bakteri bercampur makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang berbahaya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan membatasi jumlah makanan manis yang kamu santap setiap harinya
  • Jangan merokok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin mengembangkan karang gigi.

Itulah cara mudah untuk mencegah terbentuknya karang gigi. Selain menerapkan tips tersebut, kunjungi dokter setiap 6 bulan sekali untuk melakukan perawatan gigi.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait