Bela Negara Ala Koramil Seberida

Yuswanto
Bela Negara Ala Koramil Seberida

suasana pemberian materi wawasan kebangsaan dan bela negara di salah satu sekolah yang dikunjungi oleh Koramil 03/Seberida. foto. yus

Rengat (katakabar) - Saban hari Rabu, Sersan Kepala (Serka) Zulfimar dan Sersan Dua (Serda) Rustam  Sitompul, mendatangi sekolah yang sudah masuk dalam daftar kunjungan mingguan. 

Kedua anggota Komando Rayon Militer (Koramil)  03/Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ini adalah komandan rombongan yang ditugasi oleh Komandan Koramil 03/Seberida, Kapten Inf. Bambang Kosasih untuk menjalankan program Wawasan Kebangsaan (Wasbang) plus Outbound di wilayah Koramil 03/Seberida --- Kecamatan Seberida, Batang Gansal dan Batang Cenaku.

Di Wasbang itu, rombongan bakal menyampaikan materi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Bahaya Narkoba, dan Proxy War (perang dengan pihak ketiga).

"Satu persatu sekolah negeri dan swasta kami datangi. Kalau ada perguruan tinggi kami datangi juga. Selama satu hingga dua jam kami memberikan materi tadi. Lantaran waktunya terbatas, kami memberikan poin-poin penting saja, biar siswa gampang mengerti. Terakhir kemarin di Madrasah Aliyah Al-Ikhsan Desa Buluh Rampai, Kecamatan Seberida," cerita Bambang tadi sore.

Menurut Bambang, Wasbang dan Outbound itu sengaja dibikin rutin biar ilmu itu bisa menyerap di benak siswa dan mahasiswa yang mereka temui. 

"Intinya, dengan wawasan kebangsaan dan bela negara, kami berharap itu bisa menjadi awal bagi mereka menangkal hal-hal negatif yang masuk ke negara ini. Misalnya narkoba," kata Bambang.

Bambang berharap ilmu yang didapat siswa tadi, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga disebarluaskan kepada keluarga dan lingkungannya. 

"Saat ini jiwa nasionalisme sudah semakin berkurang. Saya berharap dengan kegiatan rutin ini, rasa nasionalisme dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," Bambang berharap.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait