Pemkab Inhu turun ke Desa Buluh Rampai

Pilkades "Pencet" Pertama di Riau

Yuswanto
Pilkades "Pencet" Pertama di Riau

pemilihan secara e-voting. foto. net

Rengat (katakabar) – Walau cuma urusan desa, tiga lembaga --- Bagian Pemerintahan Desa, Dinas Admintrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) dan Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) --- ini musti turun ke Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida, Indragiri Hulu (Inhu). 

Maklum, ini kali pertama pemilihan kepala desa di Inhu dilakukan secara e-voting --- pemungutan suara secara elektronik --- bahkan di Riau. Dan satu-satunya desa dari 55 desa di Inhu yang menggelar Pilkades serentak 9 Desember 2017.

Makanya diupayakan pilkades di desa ini berjalan lancar dan sukses. Biar nanti saat ada pilkades di tahun mendatang, dilakukan secara e-voting saja. 

Soalnya kata Kabag Pemerintahan Desa Setdakab Inhu, Herlina Wahyu Ningsih, jelang sore tadi, e-voting jauh lebih efektif, hemat, hasilnya lebih cepat dan minim kecurangan. 
 
"Lantaran e-voting masih baru, wajar warga merasa asing. Untuk ini jugalah kami datang. Dinas Admindukcapil memastikan pemilih sudah memiliki KTP atau belum. Lalu Kominfo, memastikan sarana dan prasarana pendukung," terang Herlina. 

Dari hasil turun ke lapangan kata Herlina, secara umum tidak ada kendala yang ditemukan, tinggal pematangan di beberapa poin saja. "Mudah-mudahanlah pelaksanaan e-voting di Desa Buluh Rampai lancar,” Herlina berharap. 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait