Bro..., Anak Anda Butuh Ini Lho

Sahdan
Bro..., Anak Anda Butuh Ini Lho

Veni Wulandari, anggota P2TP2A Mandau-Pinggir. foto. sahdan

Duri (katakabar) - Kejahatan seksual seperti pelecehan, pencabulan dan pemerkosaan pada anak tidak hanya terjadi di kota besar.

"Di kecamatan sampai kelurahan dan desa justru malah rentan terjadi dan bahkan punya kasus yang sama. Misanya di kecamatan Mandau dan Pinggir," kata Ketua Satgas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Mandau-Pinggir Kabupaten Bengkalis, R Amran D
kepada katakabar.com di Duri tadi siang.

Lantaran itu kata Amran, komunikasi yang baik antara orang tua dan anak-anak usia dini, khususnya menanamkan pemahaman terhadap diri teramat penting. 

"Anak-anak wajib diajarkan pemahaman diri biar bisa menjaga dirinya. Pengenalan dan pemahaman terhadap bagian tubuh mana yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang," katanya.

Anak-anak juga kata Amran musti diajari cara menyelamatkan diri. Misalnya teriak, menendang, memukul, mengigit dan berlari ke tempat ramai apabila ada bagian tubuh yang tidak boleh disentuh, ternyata kemudian dipegang orang lain. "Tahap toilet trainning sebaiknya sudah dikenalkan sebelum anak masuk sekolah," pintanya.

Amran mengingatkan bahwa anak-anak usia dini belum waktunya diberi gadget. Pengenalan lingkungan sekitar justru lebih bagus, sebab di sana banyak hal yang bisa membantu tumbuh kembangnya anak.

"Dari sana mereka akan paham cara berinteraksi dengan orang lain, cara tempat mengungkapkan emosi dan menstimulus kecerdasan berbahasa bagi anak," ujarnya panjang lebar.

Asal Anda tahu kata Amran, lewat pemahaman lingkungan, anak-anak akan bisa mengatakan tidak terhadap perbuatan yang tidak disukai dan tidak menyenangkan bagi dirinya.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait