Jangan Lupa, Hari Ini Wajib Registrasi Kartu

Jangan Lupa, Hari Ini Wajib Registrasi Kartu

KATAKABAR - Sesuai dengan pemberlakuan peraturan baru oleh  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tentang nomor ponsel atau SIM card, maka sebagai warga negara Indonesia wajib melakukan validasi nomor yang digunakan sejak 31 Oktober 2017.

Aturan ini tertulis dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 14/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kominfo no. 12/2016 tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi. Kewajiban registrasi ini adalah upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor prabayar. Selain itu, ini juga salah satu langkah untuk menuju identitas tunggal nasional (national single identity).

Rilis Kemenkominfo menjelaskan bahwa validasi ini dilakukan berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercatat di Ditjen Dukcapil. Registrasi dapat dilakukan oleh pelanggan baru yang membeli kartu perdana dan pelanggan lama dengan registrasi ulang.

Jika registrasi tidak dilakukan, maka pelanggan baru tidak akan bisa mengaktifkan kartu perdananya. Sementara pelanggan lama akan dikenai konsekuensi terblokirnya kartu. Pemblokiran nomor ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk mengakses data kependudukan, pelanggan dapat menghubungi Ditjen Dukcapil.

Nah, karena sekarang tanggal 31 Oktober, simak langkah-langkah registrasinya berikut ini.

Cara registrasi kartu perdana dapat dilakukan via SMS dengan format NIK#Nomor KK# dan kirim ke 4444.

Untuk pelanggan lama, formatnya adalah ULANG#NIK#Nomor KK#

Informasi harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP dan KK agar proses validasi ke database dapat berhasil.

Jika nomor tersebut sudah divalidasi, maka pendaftaran dinyatakan berhasil.

Jika data tidak dapat tervalidasi meski sudah memasukkan NIK dan nomor KK yang sesuai, maka pelanggan bisa mengisi Surat Pernyataan (sesuai lampiran pada Peraturan Menteri ini). Surat tersebut menyatakan bahwa seluruh data yang disampaikan sudah benar dan pelanggan lama bertanggung jawab atas seluruh akibat hukum yang ditimbulkan jika menyalahgunakan, dan tentunya terus melakukan registrasi ulang secara berkala.

Setelah proses validasi, penyelenggara jasa telekomunikasi akan mengaktifkan nomor pelanggan selama paling lambat 1x24 jam.

Selain semua tahap di atas, ada aturan lain, yakni registrasi pelanggan prabayar harus sudah tuntas paling lambat tanggal 28 Februari 2018. Jadi, jangan lupa registrasi ya, atau kartumu bakal terblokir!

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait