Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemkab Rohil Gali Potensi Daerah

R Hartono, Candra
Pemkab Rohil Gali Potensi Daerah

Bupati Rokan Hilir Suyatno saat memberikan arahan di lapangan. foto. humas setdakab rohil

ROHIL - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) terus berupaya mengembangkan Kawasan Industri Terpadu dan Perbaikan Iklim Investasi Daerah.

Kabupaten Rohil yang dikenal sebagai sentra perkebunan terutama perkebunan kelapa sawit. Maka Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menawarkan program pengembangan di sektor hilir terpadu yang dapat mengakomodir seluruh aktifitas hulu, serta diharapkan juga dapat menghasilkan derevasi produksi sehingga produk yang di hasilkan tidak satu jenis.

Selain itu, pembentukan dan penguatan sentra-sentra produksi non migas lainnya yang berbasis potensi daerah dan masyarakat akan dikembangkan guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga terus melakukan berbagai upaya dalam peningkatan dan pengembangan prasarana wilayah. Prasarana wilayah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir hingga saat ini masih kurang dan perlu untuk ditingkatkan dan dikembangkan hasil pembangunan yang bersentuhan lansung dengan seluruh lapisan masyarakat adalah ketersediaan prasarana wilayah. 

Oleh karena itu, pembangunan prasarana wilayah akan terus ditingkatkan dan dikembangkan sampai ke tingkat pemerintah terendah yakni desa-desa.

Penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan sosial di Kabupaten Rokan Hilir, pemerintah daerah terus memprogramkan lapangan kerja baru dengan membuka kesempatan usaha dengan menerapkan bantuan modal bergulir yang dikelola oleh kelompok-kelompok masyarakat sendiri serta penguatan lembaga keuangan melalui koperasi unit desa (KUD).

Tidak kalah pentingnya, peningkatan mutu pendidikan di Rokan Hilir. Pendidikan Dasar, Menegah, Umum dan Kejuruan, pendidikan tinggi serta agama. Secara garis besar program pembangunan pendidikan adalah merupakan lanjutan dari pembangunan pendidikan dari pemerintahan yang merupakan wujud konsistensi dalam menjalankan sebuah program pembangunan yang akan dicerminkan pada besaran porsi pendidikan dalam APBD 20 persen.

Pembangunan kawasan wisata juga merupakan program Pemerintah Daerah Rokan Hilir, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah membuka akses-akses wisata, seperti penyediaan sarana trasportasi wisata pulau jemur. 
Pengembangan kawasan wisata berdasarkan potensi wilayah dengan mengedepankan dan menjaga kelestarian adat dan budaya tempatan. 

Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup. Program pendataan ruang dan lingkungan hidup melalui penyusunan perencanaan pembangunan yang memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan serta pelaksanaan pengembangan yang tetap dan konsisten mengacu pada aturan dan perundang-undangan lingkungan hidup.

Mengembangkan kawasan Akropolitan, Minapolitan dan Teknopolitan melalui pengembangan kawasan yang berbasis potensi sesuai dengan keunggulan konvaratif kawasan. (ADV HUMAS PEMKAB ROHIL)
 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait