Pernikahan Kahiyang Ayu & Bobby Nasution

Disiram 7 Sumber Mata Air

Disiram 7 Sumber Mata Air

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

SOLO (katakabar) - SEBELUM menikah pada Rabu besok, sepasang calon mempelai, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu, akan menjalani upacara adat Siraman, Selasa hari ini.

Siraman akan dilakukan di dua tempat terpisah.
Kahiyang akan siraman di rumah orangtuanya, di Jalan Kutai Utara RT 8 RW VII, Sumber, Banjarsari, Solo.

Adapun air yang akan digunakan untuk prosesi siraman, merupakan gabungan air dari tujuh sumber mata air yang berbeda.

Tujuh sumber mata air itu berada di Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, rumah pribadi Jokowi, Istana Negara Jakarta, dan Istana Bogor, Jabar.

Jumlah tujuh tersebut memiliki makna mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.  Acara ini dijadwalkan berlangsung pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

Sedangkan Bobby akan siraman di ‘rumah sementaranya’ selama di Solo bersama keluarganya yang datang dari Medan, Sumatera Utara, yakni Hotel Alila. Sementara, Siraman Bobby dijadwalkan berlangsung pukul 08.00 WIB-12.00 WIB. 

Rencana adanya siraman itu dibenarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai ayah Kahiyang.
"Sore ini mau ada pengajian, dan besok sudah mulai siraman, midodareni," kata Jokowi saat diwawancarai di depan rumahnya, Senin sore.
 
Adapun menurut sebuah referensi, tradisi siraman ini dilakukan untuk memandikan calon mempelai demi membersihkan diri agar menjadi bersih lahir dan batin.

Urutan dalam prosesi siraman adalah calon pengantin mohon doa restu kepada orang tuanya.
Kemudian mereka duduk di tikar pandan, dan disiram oleh orang tua bersama pinisepuh yang telah ditunjuk.

"Siraman ini tujuannya penyucian dan pembersihan diri agar terhindar dari mala (gangguan, Red)," kata Sejarawan Kota Solo, Heri Priyatmoko, saat diwawancara tentang makna Siraman, Senin kemarin.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait