Girls.., Tak Ingin Buncit? Hindari hal Ini

Girls.., Tak Ingin Buncit? Hindari hal Ini

Ilustrasi perut buncit

Katakabar - Salah satu masalah kesehatan yang paling dibenci oleh wanita adalah perut buncit. Tak hanya membuat celana menjadi tidak muat, perut buncit tentu saja akan membuat penampilan menjadi tidak karuan. Kebanyakan wanita akan segera menyalahkan pola makan tidak sehat sebagai pemicu munculnya perut buncit. Padahal, berbagai hal ini ternyata juga bisa menjadi pemicunya.

1. Jarang mengkonsumsi protein

Tak disangka, kebiasaan jarang mengkonsumsi protein ternyata bisa membuat perut semakin membuncit. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan orang-orang yang melakukan diet rendah protein untuk meningkatkan sekresi hormon neuropeptide Y yang merupakan hormon lapar. Hal ini tentu akan membuat keinginan untuk makan bertambah dan akhirnya memicu penumpukan lemak pada perut.

2. Gaya hidup kurang gerak

Banyak pekerja kantoran yang cenderung kurang gerak sepanjang hari. Tak hanya duduk seharian di tempat kerja, mereka juga tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1988 hingga 2010, disebutkan bahwa meskipun sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, mereka yang kurang gerak cenderung tetap memiliki perut yang membuncit.

3. Stress

Stress memang bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, stress bisa memicu peningkatan produksi hormon kortisol yang bisa memicu kenaikan nafsu makan. Jika kita mengkonsumsi kalori dengan berlebihan, maka hal ini akan dimetabolisme menjadi lemak yang menumpuk pada perut.

4. Sudah dalam fase menopause

Penurunan kadar hormon estrogen dengan signifikan saat wanita sudah memasuki fase menopause bisa memicu penumpukan lemak visceral pada perut wanita.
Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kaum hawa rajin menjaga gaya hidup tetap sehat, khususnya dalam menerapkan pola makan yang sehat, banyak berolahraga, dan mengelola stress dengan lebih baik demi mencegah masalah perut membuncit.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait