Pernikahan Kahiyang Ayu & Bobby Nasution

Prosesi Menjadi Siregar...

Prosesi Menjadi Siregar...

Pernikahan Kahiyang-Bobby

katakabar.com - Setelah sukses menyelenggarakan pernikahan di Solo, Putri Presiden Jokowi, Kahiyang bersama mempelai pria, Bobby Nasution akan menggelar pernikahan secara adat batak.

Direncanakan perhelatan ini bakal dilangsungkan di Medan pada 21 November mendatang. Pada prosesi ini, Kahiyang akan mendapatkan marga Siregar.

Bagi masyarakat adat batak, pemberian marga terhadap orang yang berada diluar lingkaran batak memang bisa dilakukan.

Berikut istilah pemberian marga bagi orang batak dari beberapa sumber:

1. Mangampu

Mangampu adalah adat menerima seseorang laki-laki (mangampu anak) atau seorang perempuan (mangampu boru) yang bukan suku Batak menjadi anak/borunya dan selanjutnya diberikan marga sesuai dengan melakukan penerimaan tersebut.

Bagi laki-laki yang diberikan marga maka yang menjadi bapal angkatnya ialah Amangboru dari perempuan.

Begitupun dengan marga yang ia pakai harus mengikuti amangboru si wanita.
Adapun amangboru disini ialah Suami dari adik perempuan ayah kita.

Sementara bagi perempuan yang diberikan marga, akan mengikuti boru dari ibu si laki-laki.

Dalam hal ini, orangtua angkat si perempuan ialah paman dari pihak lak-laki. Prosesi adat mangampu biasanya dilakukan sebelum upacara pernikahan.

2. Mangain

Mangain dilatarbelakangi karena keluarga yang tidak berketurunan (laki-laki) sebagai penerus marga, sehingga dilakukan "mangain".
Menjadikan anak yang bukan berasal dari suku Batak menjadi anak angkatnya sendiri sesuai marga si ayah yang mengangkatnya.

Tidak hanya itu, mangain juga diberika kepada mereka yang berdedikasi bagi wilayah teritorial batak.

Seperti Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyhono, demikian pula pemberian marga pada Prof Dr Susan Rodgers, mahaguru sosiologi dan antropologi dari Amerika Serikat.

Pemberian marga Siregar di daerah Sipirok pada tahun tujuh puluhan itu tenyata sangat mengesankan bagi dia, terbukti dengan pencantuman marga Siregar dalam tulisan-tulisan ilmiahnya.

Tahun 1981, di Desa Tanobato, Mandailing, Daoed Joesoef, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, juga diberi marga Nasution dan gelar Sutan Iskandar Muda oleh masyarakat Mandailing.

Pemberian marga tersebut terkait perannya memajukan pendidikan di Mandailing, dengan membangun SMA Negeri Tanobato di bekas Kweek school voor Inlandsche Onderwijzers, yang didirikan Willem Iskander pada tahun 1862.

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :

Terkait