Gunung Es Antartika Berguguran, Awas Jakarta Tenggelam

Antartika, Katakabar.com - Gunung es tiga kali ukuran Paris dari gletser Antartika runtuh. Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu geologi. Runtuhnya Pine Island Glacier mengancam Gletser Thwaites di Antartika Barat. Demikian dailymail.co.uk, 12/2.

Permukaan laut global bisa naik hingga 10 kaki (3 meter) jika Gletser Thwaites di Antartika Barat runtuh. Permukaan laut naik mengancam kota-kota dari Shanghai ke London, ke dataran rendah Florida atau Bangladesh, dan ke seluruh negara seperti Maladewa. Juga Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar.

Di Inggris, misalnya, kenaikan 6,7 kaki (2 meter) atau lebih dapat menyebabkan area seperti Hull, Peterborough, Portsmouth dan beberapa bagian London timur dan Muara Sungai Thames berisiko terendam. Runtuhnya gletser, yang bisa dimulai dengan beberapa dekade, juga bisa merendam kota-kota besar seperti New York dan Sydney. Bagian dari New Orleans, Houston dan Miami di selatan di AS juga akan sangat terpukul.

Sebuah studi pada tahun 2014 yang dilakukan oleh persatuan ilmuwan yang peduli mengamati 52 indikator permukaan laut di masyarakat di seluruh AS. Ditemukan bahwa banjir pasang surut akan meningkat secara dramatis di banyak lokasi Pantai Timur dan Teluk, berdasarkan perkiraan konservatif dari perkiraan kenaikan permukaan laut berdasarkan data saat itu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar komunitas ini akan mengalami peningkatan tajam dalam jumlah dan tingkat keparahan peristiwa banjir pasang surut selama beberapa dekade mendatang.

Pada tahun 2030, lebih dari setengah dari 52 komunitas yang diteliti diproyeksikan mengalami, rata-rata, setidaknya 24 banjir pasang surut per tahun di daerah yang terpapar, dengan asumsi proyeksi kenaikan permukaan laut sedang. Dua puluh dari komunitas ini dapat melihat tiga kali lipat atau lebih dalam peristiwa banjir pasang surut.

Pantai Atlantik tengah diperkirakan akan mengalami peningkatan frekuensi banjir terbesar. Tempat-tempat seperti Annapolis, Maryland dan Washington, DC mendapat lebih dari 150 banjir pasang surut per tahun, dan beberapa lokasi di New Jersey dapat melihat 80 banjir pasang surut atau lebih.

Di Inggris, kenaikan dua meter (6,5 kaki) pada tahun 2040 akan melihat sebagian besar Kent hampir sepenuhnya tenggelam, menurut hasil sebuah makalah yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Science pada November 2016. Daerah di pantai selatan seperti Portsmouth, serta Cambridge dan Peterborough juga akan sangat terpengaruh. Kota-kota dan kota-kota di sekitar muara Humber, seperti Hull, Scunthorpe dan Grimsby juga akan mengalami banjir hebat.

Di Indonesia, kota-kota pantai seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Padang, akan mendapat banjir rob yang semakin sering. Kenaikan air laut tiga meter juga akan merendam sepanjang pantai Jawa Utara dan Selatan, seperti Ancol, Tanjung Priok, dan lain-lain. Juga akan menenggelamkan stasiun Stasiun Kertapati Palembang atau Stasiun Tawang Semarang yang ketinggiannya hanya 2 meter di atas permukaan laut. Gatra

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait