Hasil Pemeriksaan Negatif, Pasien Positif Corona di Riau Berangsur Membaik

 
Pekanbaru, katakabar.com - Hingga hari ini kondisi satu pasien yang ditetapkan positif terjangkit virus Corona (Covid-19) di Riau beberapa waktu lalu terus mengalami peningkatan. Bahkan, hasil uji swab telah menunjukkan hasil yang negatif Covid-19.
 
Hal tersebut diinformasikan Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir saat dikonfirmasi katakabar.com, Kamis (26/03). "Sesuai laporan dari dokter penanggung jawabnya, kondisi pasien baik dan stabil,” terangnya.
 
Terkait pemeriksaan sampel pasien itu, Mimi mengatakan telah tiga kali melakukan pengiriman sampel ke Litbangkes, Jakarta. Hasilnya dua sampel masih menunjukkan bahwa pasien terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, China itu. Namun, untuk pemeriksaan sampel (lendir dari tenggorokan pasien) ketiga, hasinya menunjukkan pasien negatif Corona.
 
Tentu hasil itu menjadi kabar gembira. Dimana memang sejak ditetapkan positif, pasien terus mendapatkan perawatan intensif dari petugas medis.
 
Meski begitu, kata Mimi, hasil pemeriksaan itu belum dapat menjadi patokan bahwa pasien benar-benar sembuh dari virus mematikan itu. Sebab, pemeriksaan sampel pasien  minimal dilakukan sebanyak lima kali.
 
"Kita masih menunggu hasil swab yang ke empat," tuturnya.
 
Diluar itu, hingga hari ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) di Riau terus mengalami peningkatan drastis. Dimana jumlahnya mencapai 3277 orang yang sebelumnya hanya 2.438 orang.
 
Pemantauan katakabar.com, Kamis (26/03) di dalam situs resmi Pemprov Riau Corona.riau.go.id dipaparkan bahwa dari jumlah itu sebanyak 49 orang telah dinyatakan  selesai dalam proses pemantauan itu.
 
Sedangkan, dari 3277 itu terdapat 70 diantaranya masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun, ada 50 pasien yang masih menjalani perawatan. Untuk pasien yang dinyatakan negatif terpapar virus yang mewabah di kota Wuhan, China itu ada 20 orang dan telah diperbolehkan pulang kekediamannya masing- masing.
 
Untuk diketahui, guna antisipasi saat ini pemerintah telah menunjuk 44 rumah sakit sebagai rujukan penanganan virus Corona ini. Dari jumlah itu ada sekitar 111 ruang isolasi yang telah disipakan.
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait