Kelompok Masyarakat Kampung Teluk Lanus Terima SK Perhutanan Sosial Dari Jokowi

KATAKABAR.COM, Siak - Kelompok masyarakat Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Siak menerima surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Tahura Sultan Syarif Hasyim Kecamatan Minas, Jumat (21/2).

Menurut Bupati Siak Alfedri diberikannya SK ini karena berdasarkan peta indikatif pemerintah pusat, Kabupaten Siak termasuk kedalam penerima manfaat program Perhutanan Sosial dalam bentuk Hutan Desa seluas 3580 hektar yang diperuntukkan bagi 520 kepala keluarga di Kampung Teluk Lanus.

"Alhamdulillah kita mendapatkan SK ini. Semoga dengan diberikannya SK ini dapat mewujudkan percepatan ekonomi di Kabupaten Siak," kata Alfedri. 

Sebab menurutnya, program perhutanan sosial Hutan Desa ini merupakan pemberian akses masyarakat untuk mengelola areal kehutanan, yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu Alfedri meminta agar masyarakat mempergunakan lahan tersebut sesaui dengan ketentuan dari KLHK.

“Kita menghimbau agar masyarakat tidak menanam tanaman seperti kelapa sawit. Seperti yang disampaikan Pak Presiden tadi saat menyerahkan SK itu. Masyarakat diarahkan untuk menanam tanaman ramah lingkungan seperti aren dan lain sebagainya,” kata Alfedri.

Tidak hanya kelompok masyarakat Kampung Tekuk Lanus yang mendapat SK tersebut. Total 41 SK yang diberikan Jokowi. SK itu untuk 20.890 kelompok masyarakat di Provinsi Riau dengan total luas lahan 73.670 hektar.

Editor : Sahril

Berita Terkait