Pasar Ujungbatu Diresmikan, Sekdakab Rohul Puji Kades Sembuhkan Bumdes

Ujungbatu, katakabar.com - Sekretaris Daerah Pemkab Rohul, H Abdul Haris S Sos, MSi meresmikan pemakaian pengoperasian pasar Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rohul, pada Rabu (12/2) kemarin.

Kadis Koperindag, Hen Irfan, Camat Ujung Batu, Fisman Hendri S Hut, Danramil Tandun, Kapten Elza, Kades Ujung Batu Timur, Harde Yanto, Manager PKS PT RSI, jajaran BUMDesa Timur Sejahtera, RT RW, Kadus para pedagang serta ratusan masyarakat Desa Ujung Batu Timur turut hadir di sana.

Kepala Desa Ujung Batu Timur, Harde Yanto dalam sambutannya menceritakan seputar kronologis berdirinya pasar Desa Ujung Batu Timur. Pasar Desa Ujung Batu Timur di rancang dan direncanakan dari Tahun 2003 silam. Tanah untuk lokasi berdiri bangunan pasar hibah dari H Amat, H Nurdin, H Diwar dan ibu Rodiah seluas 2 hektar. 

Lantaran luas tanah  area pasar dinilai masih kurang, Pemda Rohul membeli seluas 2 hektar lagi tambahannya. Jadi total area pasar menjadi 4 hektar, lokasi pasar ini salah satu terluas di Ujung Batu.

"Pasar Desa Ujung Batu Timur, sudah lama ditunggu dan didambakan masyarakat peresmian penggunaannya. Diresmikannya pasar Desa Ujung Batu Timur ini, hendaknya dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan tarap hidup perekonomian masyarakat," kata Harde Yanto.

Lanjut Harde Yanto, Desa Ujung Batu Timur mau bersama-sama dengan Bupati Rohul, Sukiman untuk membangun Kabupaten Rohul. 

Kemauan itu dasarnya real. Lantaran semasa  kepemimpinan H Sukiman, Desa Ujung Batu Timur banyak menikmati serapan anggaran pembangunan. Tahun 2017 lalu, Desa Ujung Batu timur mendapat serapan anggaran pembangunan pasar Rp4,5 Miliar, Tahun 2018 mendapat kucuran APBD Rohul Rp3 Miliir, begitu pada 2019 Desa Ujung Batu Timur dapat lagi kue pembangunan.  Pada 2020 ini, dari bocoran yang kita ketahui Desa bakal mendapatkan alokasi serapan pembangunan pengaspalan jalan ke SMP Negeri 4 Ujung Batu, jelasnya.

Di momen itu, Kades, Harde Yanto melantik dan mengambil sumpah jabatan jajaran perangkat desa RT/RW dan Kadus yang ada di Desa Ujung Batu Timur. Tak luput, Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDesa (BMPTB) BUMDesa Timur Sejahtera, tahun buku 2019 dilaporkan. Dari Tahun 2017 lalu, kondisi managemen BUMDesa ini dalam kondisi sakit, dalam istilah kedokteran sudah Stadium 2 rada kronis.

Berkat kerja keras, didukung dengan kriteria tidak boleh pinjaman. Dan lewat suntikan modal dalam bentuk membuka unit usaha, Tahun 2018 lalu disuport dana Rp100 Juta, Tahun 2019 di bantu lagi Rp150  Juta dan Tahun 2020 sudah dianggarkan Rp160 Juta. Dana awal, Tahun 2010 sebesar Rp400 Juta, modal saat pendirian Bumdes Tahun 2014 silam sebesar Rp552 Juta dan per 31 Desember total dana seluruhnya yang masuk ke Bumdes Rp838 Juta, secara keseluruhan total dana yang sudah disalurkan kepada masyarakat sampai hari ini Empat Miliar Tiga Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Rupiah, rincinya.

Sekda Puji Kinerja Kades 

Sekda Rohul, H Abdul Haris S Sos MSi, memberi apresiasi dan pujian kepada kades Ujung Batu Timur, sebab dinilai mampu mengobati Bumdes yang sebelumnya sudah bangkrut, bisa untung setelah dikelola Harde Yanto.

Kepada masyarakat agar anak anak sekolah gemar menabung di Bumdes. Direktur Bumdes kejar anak anak sekolah, ajak mereka gemar menabung, pegawai Bumdes sekali seminggu datang dan jemput tabungan anak anak sekolah, serunya.

"Saat anak anak sekolah  menamatkan pendidikannya, sudah ada modal untuk membiayai pendidikan berikutnya, ini manfaatnya," kata Abdul Haris.

Menurut Sekda Rohul, Bumdes harus bisa berinovasi dengan pasar yang diresmikan ini. Jangan cuma menggunakan pasar di saat waktu pasar saja. Pengelolaan pasar tolong dimaksimalkan dengan membuat terobosan menyediakan kuliner makanan khas Rokan Hulu.

Adanya penyediaan kuliner khas Rokan Hulu, masyarakat yang berpergian datang belanja membeli oleh oleh khas Rohul.

Untuk itu, kepada Kadiskoperindag, Hen Irfan  dapat mengusahakan semenisasi lorong pasar, minimal semenisasi tempat parkir kenderaan. Tujuannya, agar  aktifitas masyarakat bertransaksi di pasar dapat berjalan nyaman dan lancar.

"Banyak hal yang sudah berhasil dicapai Pemdes Ujung Batu Timur, itu lantaran Kadesnya punya terobosan dan mau berkorban untuk kemajuan," imbuhnya. (Adv/Kominfo Rohul)

Editor : Sahdan

Berita Terkait