Patroli, Cara Antisipasi Karhutla di Riau Versi Jokowi

  • Reporter: Sahril
  • 21 Februari 2020, 20:29:03 WIB
  • Riau, Nusantara, Kabar Khusus, Serba Serbi

KATAKABAR.COM, Siak - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus terjadi di wilayah Provinsi Riau. Hingga Februari ini Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat sekitar 271 hektar lahan di Riau terbakar.

Untuk mengantisipasinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan seluruh pemerintah daerah di Riau bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) melakukan patroli lapangan ke wilayah-wilayah yang rawan Karhutla.

Instruksi tersebut dikeluarkan saat Jokowi meninjau posko penanganan Karhutla di Provinsi Riau pada Kamis (20/1) kamarin.

"Pemerintah kan punya instrumen hingga ke tingkat bawah untuk menangani hal itu. Fungsikan lah semuanya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima katakabar.com dari Polda Riau, Jumat (21/2).

Patroli intensif kata Jokowi perlu dilakukan agar situasi di lapangan bisa dikuasai dan perkembangan bisa terus dipantau. Selain itu dia juga mengingatkan kepada seluruh instansi terkait untuk bergerak cepat ketika muncul titik api sekecil apapun.

"Sesegera mungkin dipadamkan, sebelum titik api tersebut terlanjur membesar. Kita kan punya Babinsa, Babinkamtibmas, gubernur, bupati, walikota dan kepala desa, beri tahu mereka. Instrumen dan infrastruktur kita kan ada manfaatkan lah. Sehingga sekali lagi saya sampaikan kalau ada api sekecil apapun segera padamkan, jangan sampai meluas dan sulit diselesaikan,” tegas mantan Walikota Solo tersebut.

Editor : Sahril

Berita Terkait