PN Pelalawan Sidang Pakai Vicon

Pelalawan, katakabar.com - Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan mulai menggelar sidang  menggunakan sarana 'video conference' (Vicon), salah satu mendukung penerapan 'social distancing' untuk mencegah penularan Virus Corona atau COVID-19.

Dalam sidang itu, para terdakwa tidak dihadirkan diruang sidang lazimnya, tapi mereka tetap berada di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk,  Pekanbaru.

Tampak Hakim, Panitera Pengadilan dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) duduk di hadapan layar monitor yang telah dipersiapkan di Ruang Sidang PN Pelalawan. 

Untuk para saksi sudah dipersiapkan sebuah ruangan dengan sarana layar monitor lengkap yang cukup besar.

"Saat sidang Vicon, jaksa dan hakim tetap berada di pengadilan, terdakwa tidak perlu hadir di pengadilan, cukup di rutan, komunikasi berjalan lancar para saksi berada di ruang sudah disiapkan sebelumnya.

"Bicara dan bertanya lewat sarana Vidio Conference yang disiapkan,”ujar Ketua PN Pelalawan Bambang, Setyawan MH, di Pangkalan Kerinci, Kamis (26/3).

Kata Setyawan, sidang menggunakan cara Vidio Conference digelar sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Sidang vicon selama masa tanggap darurat bencana non alam pademi Virus Corona COVID-19

“Semua berjalan lancar. Ini dilakukan untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran Corona Virus Delease (Covid19) mulai meluas,” jelasnya .

Seluruh ruangan dan pekarangan PN Pelalawan sudah disemprot dengan cairan disinfektan untuk sterilisasi.

“Bagi pegawai dan tamu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan menyediakan hand sanitizer disediakan," sebutnya. 

 

 

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait