Polda Riau Tetapkan 55 Tersangka Karhutla di Riau

Pekanbaru, katakabar.com - 55 orang kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah Riau dalam perkara kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kuning. Jumlah itu berasal dari 48 Laporan Polisi (LP) yang kini tengah ditangani Polda Riau dan jajaran.

”Tersangka merupakan perorangan," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto saat di konfirmasi katakabar.com, Kamis (26/03).

Meski begitu, lanjut Narto saat ini Direskrimsus Polda Riau tengah melakukan penyidikan terhadap satu perusahaan yakni PT DSI yang beroperasi di Siak. Setidaknya di lahan milik PT itu terjadi karhutla seluas 9,41 hektare (HA).

Sementara 55 tersangka itu tersebar di seluruh jajaran Polda Riau. Seperti Polres Bengkalis dan Polres Rokan Hilir masing-masing menangani 12 dan 11 laporan polisi dengan jumlah tersangka masing-masing 13 orang tersangka.

Selanjutnya, Polres Inhil terdapat 9 orang tersangka dengan 8 laporan polisi. Kemudian untuk Polres Inhu ada 2 LP dan 4 tersangka, Polres Siak 3 LP dan 4 orang tersangka, Polres Meranti ada 4 LP dan 4 tersangka.

Lalu, Polresta Pekanbaru kini menangani 3 LP dengan 4 tersangka. Untuk Polres Dumai kini menangani 4 LP dan 4 tersangka. Terakhir Polres Pelalawan kini menangi 1 LP dengan 1 tersangka.

"Total 24 kasus masih sidik, 21 tahap I, dan  tahan II 3 orang tersangka. Untuk total luasan lahan terbakar mencapai 232,1675 HA," tandasnya.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait