Presiden RI Resmikan APR

Pelalawan, katakabar.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmikan fasilitas produksi viscose rayon terintegrasi dan terbesar di Indonesia untuk mendongkrak sektor tekstil nasional dan strategi pembangunan industri 4.0 Pemerintah Indonesia. 

Fasilitas baru milik Asia Pacific Rayon (APR) tersebut berada di lokasi yang sama dengan komplek Grup APRIL di Pangkalan Kerinci,Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Total investasi sebesar Rp15 triliun (USD1.1 miliar), lokasi yang berdekatan memungkinkan operasi yang terintegrasi dimana pasokan pulp dari hutan tanaman industri terbarukan milik Grup APRIL dapat memasok langsung ke APR untuk produksi viscose rayon. APR dapat memproduksi 240.000 ton serat rayon per Tahun.

Peresmian operasional APR ditandai dengan penandatangan prasasti pabrik serta pelepasan kontainer berisi serat rayon oleh Presiden RI, Joko Widodo untuk diekspor ke Turki sebanyak 10.190 ton serta pengiriman ke Jawa Tengah sebesar 12.000 ton.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, Chairman dan Pendiri RGE, Sukanto Tanoto dan Direktur RGE,  Anderson Tanoto.

Presiden RI, Joko Widodo mengapresiasi investasi APR untuk mendukung pengembangan industri teksil nasional. Peran sektor swasta sangat berpengaruh dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi disamping stimulus yang diberikan pemerintah.

“Jangan sampai industri garmen kita kalah dengan Vietnam, kita sudah punya bahan baku sendiri, sekarang disini (viscose rayon APR). Negara yang cepat mengalahkan yang lambat dan kita ingin menjadi negara yang cepat,” kata Joko Widodo dalam sambutannya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait