Warga Venezuela Buat Ramuan Sederhana Tangkal Virus Corona

Katakabar.com - Warga Venezuela mesti menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) di tengah krisis ekonomi.

Krisis itu menyebabkan kurangnya persediaan medis, sehingga mereka terpaksa meracik minuman dengan bahan-bahan sederhana dengan tujuan melindungi diri dari Covid-19.

Misalnya, mereka menyiapkan minuman hangat yang dicampur jeruk lemon, garam, bawang putih, bahkan bahkan bawang bombay.

Salah satu warga Venezuela, Dilia Zorrilla, mengatakan saat wabah Covid-19 masuk ke negaranya, ia langsung pergi ke toko medis untuk membeli masker, gel anti-bakteri, alkohol, dan bawang putih.

Ia membeli bawang putih karena dipercaya dapat menangkal penyakit. Selain bawang, Zorilla membuat teh herbal dengan bahan baku asam sitrat.

Zorilla sendiri tinggal di Kota Guiria, sebuah kota kecil terpencil yang jaraknya 600 kilometer dari ibu kota Caracas.

Pria berusia 42 tahun ini mengatakan tidak mendapat banyak informasi soal Covid-19 karena jaringan internet bahkan sinyal televisi di daerahnya kurang mumpuni.

"Di sini, semua yang kita tahu (soal Covid-19) berasal dari media sosial," kata Zorilla dikutip AFP.

Senada dengan Zorilla, Rosa Solangel seorang juru masak berusia 56 tahun mengungkapkan ia dan ketiga anaknya hanya minum air dengan campuran bawang putih dan lemon. Penyebabnya adalah keterbatasan obat akibat krisis ekonomi yang melanda Venezuela sejak 2015.

"Kami hanya minum air matang dengan campuran bawang putih dan lemon," kata Solangel.

Di sisi lain, ahli bedah Jaime Lorenzo dari lembaga nirlaba United Doctors mengatakan langkah warga Venezuela yang membuat obat untuk menangkal virus corona SARS-Cov-2 merupakan sebuah bentuk keputusasaan.

Sebab, menurut dia, obat yang diracik itu tidak teruji secara ilmiah.

"Sebagai ilmuwan, semua solusi perlu didasarkan pada bukti ilmiah. Sementara ramuan ini mungkin telah diturunkan dari generasi ke generasi, tetapi tidak satupun dari mereka yang diuji secara ilmiah," kata Lorenzo.

Lalu Lorenzo meminta kepada masyarakat Venezuela untuk tidak mempercayai mitos bahwa dengan meminum air hangat dengan campuran bahan-bahan tertentu bisa melemahkan virus corona SARS-Cov-2.

Pemerintah Venezuela sebetulnya telah menerapkan beberapa kebijakan untuk mencegah penyebaran virus corona, salah satunya warga diimbau untuk berdiam diri di rumah.

Warga diperbolehkan keluar rumah jika hendak membeli makanan atau obat. Selain itu, sekolah di Venezuela telah ditutup sementara dan sebagian jadwal penerbangan ditangguhkan. CNN Indonesia

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait