Masuk Suku Kandang Kopuh, Bupati Rohul H Sukiman Resmi Bergelar Panglima Pakaso

PASIR PENGARAIAN (KATAKABAR)- Dalam kegiatan prosesi masuk suku adat istiadat Melayu Luhak Rambah, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman diberi gelar Panglimo Pakaso (Panglima Perkasa), setelah dirinya resmi masuk Suku Melayu Kandang Kopuh, yang digelar pagi hingga siang Selasa, (3/4/2018) lalu.


Kemudian proses penabalan suku Kandang Kopuh kepada Bupati Rohul H Sukiman itu yang bergelar Panglimo Pakaso, diumumkan ke khalayak ramai dan undangan, yang dihadiri parta Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah, Herman Hr. SE. Di kegiatan itu, acara adat yang sama kepada Hj Peni Herawati yang merupakan istri H Sukiman, ikut ditabalkan untuk masuk Suku Melayu Bonuo Luhak Rambah dengan pucuk Suku Syamsuar.

Prosesi penabalan masuk suku baik Bupati Rohul H.Sukiman beserta istri Hj Peni Herawati, digelar di kawasan Rumah Makan H Along, Pulai Rambai Desa Rambah kecamatan Rambah Hilir, yang merupakan kediaman H Amril.

Kegiatan yang berlangsung meriah dan melalui prosesi adat Melayu, dihadiri Ketua LAMR Rohul H.Zulyadaini, H.Syamsir.J sebagai Sukong Pucuk Suku Kandang Kopuh, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, Kajari Fredy Daniel Simanjuntak.SH.MH, mantan Bupati Rohul dua priode juga tokoh masyarakat Riau, Drs H Achmad M.Si, Khalifah Umar, anggota DPRD Riau Hj Magdalisni , para tokoh adat dari Luhak Rambah serta tokoh adat dari LKA di Kabupaten Rohul.

Dari penabalan masuk suku Kandang Kopuh Bupati Rohul H Sukiman bergelar Panglimo Pakaso, juga dihadiri para pejabat Eselon II, III di lingkungan Pemkab Rohul, serta para Camat dan kepala desa/ lurah di Rohul.

Usai penabalan prosesi masuk suku oleh Bupati Rohul H Sukiman ke Suku Melayu Kandang Kopuh, berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dengan kaum soko dan urang Semondo, induk induk adat dalam suku Kandang Kopuh Luhak Rambah menunjuk Herman Hr.SE sebagai Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah, H.Syamsir J sebagai Sukong Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah.

Juga menunjuk Rusli sebagai Tuo Sumondo laki laki, Syofyan sebagai Imam dalam kaum, Ernina Walis S.Pd sebagai Tuo Sumondo perempuan, Hj Nurbaiti sebagai Bundo Kanduong, H.A.Latif.M.M.Pd selaku Sekretaris pucuk, Muhklis SE selaku Wakil Sekretaris pucuk, Amrizal sebagai protokol, Marzuki dan Abdur Rahman sebagai Hulubalang. 

Ketua LAMR Rohul, H.Zulyadaini usai kegiatan masuk suku menyatakan, bahwa gelar maupun suku yang didapatkan H Sukiman, diharapkan kedepannya bisa mempererat silaturraahmi sesama masyarakat Melayu di Rohul, serta dengan suku-suku lainnya di Rohul.

“Intinya, dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung. Sosok Bupati Rohul H Sukiman, sudah masuk suku bersama istrinya. Dengan harapan, keduanya nantinya bisa berbaur dengan seluruh suku Melayu yang ada di Rohul ini. Kemudian, agar bisa mengenal siapa siapa pucuk suku, dan siapa siapa saja yang jadi kaum kita dalam suku tersebut,” harap H Zul.

H Sukiman bergelar Panglimo Pakaso usai penabalan dirinya masuk suku Kadang Kopuh mengaku, dirinya tidak meminta untuk diberikan gelar ke dirinya. Sehingga, gelar yang diberikan tersebut akan menjadi tanggungjawab besar dirinya dan melakukan hal-hal yang lebih baik lagi juga akan menjaga.

Ditanya dengan sosok Bupati H Sukiman yang sudah masuk Suku Melayu Kandang Kopuh, apakah itu menjadi bukti kecintaan dirinya terhadap masyarakat dan Kabupaten Rohul, diakuinya itu merupakan anugrah apalagi dirinya diberikan penghargaan dari suku.

“Gelar Panglimo Pakaso yang diberikan oleh suku, itu akan menjadi sejarah sekali dalam hidup. Sehingga berharap kita selalu bisa diberikan keselamatan,”

“Kemudian juga berharap junrnalis juga ikut berperan membantu, karena saya sangat berharap jurnalistik melalui tulisannya, akan menimbulkan hati nurani masyarakat membangun Rohul dalam hal segala perbedaan yang ada,” harap  H Sukiman.

Usai kegiatan, dilanjutkan makan bersama dengan cara adat, yang dilanjutkan berikan ucapan selamat kepada H Sukiman dan Hj Peni Sukiman, dari para tamu dan undangan, serta para tokoh adat, tokoh agama, serta pengurus LKA di 5 Luhak di Rohul, juga dari pegawai OPD yang hadir.

  • Bupati Rohul H Sukiman saat menyerahkan kain sarung sebagai syarat untuk Masuk Suku di Luhak Rambah-Rohul.

  • Bupati Rohul H Sukiman dan Hj Peni Herawati beserta Mantan Bupati Rohul Drs H Achmad M.Si saat tiba dilokasi acara Masuk Suku di Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir-Rohul.
     

  • Prosesi Upah-Upah dalam rangkaian acara Masuk Suku  Bupati Rohul H.Sukiman dan Hj Peni Herawati oleh Tokoh Adat

  • Ketua LAM Rohul H Zulyadaini saat menyampaikan sambutan pada acara adat Bupati Rohul H Sukiman Masuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah,Selasa (03/04)

  • Bupati Rohul H Sukiman memberikan kata sambutannya pada acara Masuk Suku di Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir-Rohul.

  • Prosesi Upah-Upah dalam rangkaian acara Masuk Suku Bupati Rohul H Sukiman

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :