Taman ‘Nirwana’ Negeri Junjungan

Pemandangan elok yang menyimpan potensi besar itu terhampar di sana.

Kabupaten Bengkalis. ‘Negeri Junjungan’ yang dianugerahi segudang kekayaan alam. Dia tak hanya dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di Nusantara, tapi juga punya kekayaan laut yang melimpah. Ini disempurnakan pula oleh kekayaan ‘emas hijau’ yang menghampar di daratan; kelapa sawit dan kelapa. 
Berada di tiga gugusan pulau besar --- Pulau Bengkalis, Pulau Rupat dan Pulau Sumatera --- Kabupaten Bengkalis menyimpan selaksa keindahan alam. Uniknya, masing-masing pulau punya karakteristik masing-masing. 

Di Pulau Bengkalis misanya, ada pemandangan alam nan elok bernama Selat Baru dengan Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja nya, pantai Perepat Tunggal dan Selat Ketam Putih. Ada pula hamparan pohon kelapa nan menghijau di kawasan Bantan. Belum lagi hamparan tata Kota Bengkalis yang rapi.

Di Pulau Sumatera, di kawasan Bukit Batu; ada pemandangan indah muara Sungai Siak Kecil Bukit Batu Laut. Ada pula Istana Laksamana Raja di laut di Desa Suka Jadi. Yang sangat luar biasa adalah pemandangan indah sejumlah Tasik di kawasan Siak Kecil, di kaki Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu yang kesohor itu. Salah satunya adalah Tasik Pesimsim. 

Di kawasan Kecamatan Mandau, ada hamparan ladang minyak dan kawasan perkotaan Duri. Dan saat beranjak kea rah Utara, ke kawasan Pulau Rupat. Pemandangan pertama adalah kawasan Selat Rupat yang dihiasi pelabuhan Roll On Roll Off (RoRo) Batu Panjang di Kecamatan Rupat. 
Makin ke dalam, persis di Kecamatan Rupat Utara, ada Pasir Pantai yang memanjang hingga 13 kilometer. 
Menghampar dari kawasan Tanjung Medang hingga ke Desa Putri Sembilan. Sejumlah gugusan pulau kecil di bagian Timur melengkapi semua itu. 

KOMENTAR

Komentar Via Facebook :