100 Pasien Sembuh dari Virus Corona di Riau

Pekanbaru, Katakabar.com -  Dari 117 kasus positif Covid-19 atau Virus Corona di Provinsi Riau, sebanyak 100 orang pasien dinyatakan sembuh hingga hari ini. Sementara pasien yang masih dirawat sebanyak 11 orang, yang meninggal dunia 6 orang.

“Hari ini tidak ada penambahan kasus positif. Namun ada satu pasien yang sembuh dari Covid-19 di Riau. Sehingga total pasien yang sembuh dari Virus Corona sebanyak 100 orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Jumat (5/6).

Yovi menyebutkan, jumlah itu dihitung sejak Virus Corona merebak di Riau hingga hari ini. Bahkan, dari 12 kabupaten dan kota di Riau, hanya 4 kabupaten yang memiliki pasien positif Corona. Padahal sebelumnya, sebanyak 11 daerah di Riau terpapar Covid-19.

“Dari 117 kasus itu, 11 orang masih dirawat di rumah sakit. Kemudian 6 orang meninggal dunia. Jadi hingga hari ini tinggal 4 kabupaten yang masih ada pasien positif Corona,” kata Yovi.

Hari ini, kata Yovi, penambahan 1 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu inisial MJ (13). Remaja wanita itu merupakan warga Kabupaten Kepulauan Meranti dan dirawat di rumah sakit setempat.

Yovi juga menyebutkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Riau terus bertambah, saat ini mencapai 84,6 persen. Dia menilai, tingkat kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Apalagi rumah ibadah seperti masjid mulai melaksanakan Sholat Jumat berjamaah. Masyarakat memang telah mengikuti aturan ketat protokol kesehatan yang diterapkan pengurus masjid,” kata Yovi.

"Saya tidak berani menyebutkan kalau penurunan kasus positif itu karena penerapan PSBB. Mungkin kebetulan, pada saat bersamaan angka positifnya terus menurun,” jelasnya.

Di luar itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Riau tercatat sebanyak 1.465 orang. Namun, dari jumlah itu sudah banyak yang sembuh, karena PDP yang masih dirawat berjumlah 67 pasien.

Sedangkan PDP yang dinyatakan negatif dari Covid-19 sebanyak 1.237 orang dan mereka sudah dipulangkan ke rumahnya. Lalu PDP yang meninggal dunia berjumlah 161 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau sebanyak 5.238 orang di Riau. Sedangkan ODP yang sudah selesai pemantauan berjumlah 64.887 orang.

"Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah menerima 6.758 spesimen dan telah memeriksa 3.841 spesimen," tandasnya.

 

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait