346 TKI Asal Malaysia Tiba di Kepulauan Meranti

Pekanbaru, katakabar.com - 346 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di negeri Jiran Malaysia, Jumat (27/8) kemarin tiba di pelabuhan Tanjung Harapan Kepulauan Meranti. Sebelumnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia itu telah masuk wilayah Indonesia melalui kawasan Tanjung Balai Karimun.
 
Kadis Kominfo Pemprov Riau, Chairul Riski, Sabtu (28/03) menerangkan kedatangan ratusan TKI itu diangkut menggunakan dua kapal yang berbeda. Yakni Kapal mv. Dumai Line 8 sebanyak 255 orang dan Kapal Batam Jet 1 sebanyak 91 orang.
 
"Setelah tiba mereka langsung diperiksa tim medis dari Karantina Kesehatan, Dinas Kesehatan, RSUD Kab. Kep. Meranti dan Puskesmas Tebing Tinggi," terangnya.
 
Sementara, hasil pemeriksaan 346 orang itu dinyatakan dalam kondisi sehat dan belum teridentifikasi terpapar virus Corona. Meski begitu, mereka masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan. Lantaran memiliki historis perjalanan dari luar negeri.
 
Sementara di waktu yang sama 61 orang WNI juga tiba di Pelabuhan Dumai. Dimana 18 orang tiba menggunakan Kapal Dumai Line dan 43 orang lainnya menggunakan Kapal Batam Jet.
 
Sejumlah WNI itu bukan hanya berasal dari wilayah Riau saja. Namun juga berasal dari provinsi lain. Seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat dan lainnya. Dimana dari 61 orang 9 diantaranya perempuan selebihnya laki- laki.
 
"Seluruhnya diberikan kartu Health Alert Card (HAC) dari KKP Tanjungbalai Karimun. Itu berlaku untuk 14 hari dan berstatus ODP," tandasnya.
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait