68.831 Lembar Dokumen Penting Kerajaan Siak Sudah Dibereskan

Siak, katakabar.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak Provinsi Riau sudah merestorasi 68.831 lembar dokumen bersejarah peninggalan kerajaan Siak Sri Indrapura. Jumlah itu melebihi target yang direncanakan sebelumnya.

"Target kita semula hanya 67.500 lembar. Tapi tahun lalu sudah mencapai 68.831 lembar," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, M Arifin saat berbincang dengan katakabar.com, Selasa (5/1).

Untuk memberesi itu semua, dinas membutuhkan waktu 7 tahun lamanya. Dokumen bersejarah ini direstorasi mulai pada tahun 2013 silam.

Pertahunnya, rata-rata direstorasi sekitar 2.000-an lembar. Tahun lalu saja, sekitar 2500 lembar dokumen maha penting kerajaan Siak itu dibereskan dengan menelan anggaran Rp90 juta lebih.

"Anggarannya bersumber dari APBD Siak. Tahun ini saja masih ada sekitar 2.100 lembar yang akan kita restorasi. Itu kebanyakan dokumen yang didapat dari masyarakat Siak maupun di luar Siak. Jika yang 2.100 itu sudah beres, maka 70 ribu lembar lebih arsip yang sudah kita restorasi," kata dia.

Untuk membersi itu semua, sebelumnya Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak juga menggandeng ahli dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Tapi sekarang, tim kita sudah ada yang bisa merestorasi arsip bersejarah tersebut. Sebab, ANRI sudah merekomendasikan 7 orang arsiparis dan satunya sudah dilantik. Ini jabatan fungsional," kata dia.

Arifin menjelaskan metode perawatan dan perbaikan arsip ini awalnya dengan menetralkan asam pada arsip, menyemprotkan zat magnesium karbonat dan kemudian melapisi arsip dengan Japanesse Tissue. Lalu, arsip dilapisi lagi dengan lem khusus.

"Dulu tim kita sudah dilatih. Jadi sekarang kami yang mengerjakannya. Tapi, jika ada yang susah, kami tetap berkordinasi dengan ANRI," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait