7 Superfood untuk Kulit Cantik Rekomendasi Bobbi Brown

Pekanbaru, katakabar.com - Nama Bobbi Brown tentunya sudah tak asing di dunia kecantikan. Makeup artist yang sukses membangun brand kosmetik dengan namanya ini banyak dipuji karena memiliki kulit awet muda di usia 62 tahun.

Setelah beberapa kali meluncurkan buku seputar makeup, Bobbi Brown merilis buku Beauty From the Inside Out di tahun 2017. Melalui buku ini, Brown memaparkan berbagai gaya hidup sehat yang ia jalani demi mendapatkan kulit yang selalu sehat dan terawat hingga saat ini.

Brown membocorkan deretan makanan sehat yang ia konsumsi, berdasarkan hasil diskusinya dengan ahli nutrisi dr. Charles Passler. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Sayuran dan Buah Berwarna Merah

 /></p>
<p style=Pixabay

Tomat, paprika merah dan bit yang digolongkan sebagai sayuran berwarna merah juga mampu meningkatkan produksi kolagen. Dan tak hanya itu saja, jenis sayuran ii juga memiliki kandungan lycopene yang bantu melindungi sel kulit dari radikal bebas dan efek buruk sinar matahari serta bisa bertindak sebagai sunscreen alami.

Walaupun begitu, kamu tetap membutuhkan produk sunscreen sebagai perlindungan yang lebih menyeluruh, tentu akan lebih baik jika kamu memiliki perlindungan kulit dari luar dan dalam tubuh, bukan?

2. Sayuran Berwarna Oranye

 /></p>
<p style=Pixabay

Sayuran berwarna oranye umumnya menyimpan kandungan vitamin A yang tinggi. Tak hanya dikenal baik untuk fungsi penglihatan, vitamin ini juga memililiki kemampuan membantu sel kulit lebih cepat memperbaiki diri dari berbagai kerusakan. Sayuran kaya Vitamin A bisa kamu temukan pada wortel, ubi manis dan ubi jalar.

3. Sayuran Berwarna Hijau

 /></p>
<p style=www.fashion-beauty.inf

Bagi yang memang menyukai sayuran sepertinya bisa merasa senang, karena sayuran hijau seperti kale, alfalfa dan bayam memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan kulit, tak hanya kaya antioksidan, berbagai sayuran hijau juga mampu membantu dan meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Agar nutrisi yang didapat lebih optimal, pastikan kamu memerhatikan berbagai hal penting saat mencuci sayuran untuk dikonsumsi, ya.

4. Buah-Buahan Citrus

 /></p>
<p style=Pixabay

Buah-buahan citrus serta tropis yang kaya vitamin c bisa menjadi asupan baik bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan kulit. Lemon, lime, grapefruit, jeruk, mangga, sirsak hingga pepaya tak hanya kaya antioksidan serta vitamin c tapi juga memiliki peran penting dalam produksi kolagen dalam tubuh.

5. Almond

 /></p>
<p style=Pixabay

Meskipun beberapa orang kerap mengalami alergi dengan jenis makanan ini, nyatanya jenis kacang-kacangan kaya kandungan antioksidan dan vitamin E yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah almond. Kacang ini diketahui mampu memberi efek baik bagi kulit jika dikonsumsi secara rutin, seperti menjadikan kulit tampak lebih lembut, dan sehat serta kaya kandungan protein.

6. Ikan

 /></p>
<p style=Pixabay

Bukan rahasia lagi jika jenis makanan seperti salmon dan sardines kaya kandungan omega-3 oil yang berfungsi memperkuat dan melindungi sel kulit. Namun bagi kamu yang tidak begitu menyukai makanan laut atau ikan bisa memanfaatkan chia dan flax seeds yang juga kaya kandungan Omega-3

7. Makanan Fermentasi

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pixabay

Memiliki rasa khas asam, makanan hasil fermentasi menyimpan banyak manfaat baik bagi kesehatan kulit. Sebut saja sauerkraut (kol asam), kimchi, kombucha, yoghurt, dan kefir yang sarat kandungan prebiotik.

Menurut Passler, selain bantu memperlancar pencernaan, makanan yang diolah secara fermentasi juga dikenal mampu meningkatkan penyerapan nutrisi, detoksifikasi, mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta menyeimbangkan hormon yang turut berpengaruh pada kesehatan mata, rambut kuku dan kulit.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait