Akhirnya Riau Terima Bantuan 2.000 APD dan 4.800 Rapid Tes

Pekanbaru, katakabar.com - Setelah sebelumnya diberitakan bahwa Riau belum menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang didistribusikan pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan, Hari ini, Sabtu (28/03) bantuan APD itu telah diterima pemerintah Bumi Lancang Kuning. Tak hanya APD, sebanyak 4.800 rapid tes juga turut diterima.

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi membenarkan telah diterimanya bantuan tersebut guna penanggulanan virus Corona yang kini menjadi momok di dunia itu. "Ada 40 box APD atau 2.000 paket dan rapid tes 4 box yang isinya 4.800 paket,"

Dirinci Indra, untuk bantuan rapid tes pemprov Riau mendapatkan sebanyak 6.000 paket. Jadi, jumlah saat ini akan bertambah dengan kedatangan yang tahap ke dua.

"Nanti ada tahap kedua, jumlah sampai 6 ribu, ini baru pengiriman yang pertama," katanya

Nantinya, seluruh bantuan ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit rujukan yang ada di seluruh wilayah Riau. Pendistribusiannya sendiri diinformasikan akan dilakukan esok hari, Minggu (29/03).

"APD itu untuk para petugas medis. Sedangkan rapid tes ini untuk para ODP dan tenaga kesehatan," bebernya.

Untuk diketahui, saat ini merujuk situs resmi Pemerintah Riau Corona.riau.go.id tercatat ada 5.436 orang yang masuk dalam daftar ODP. Dimana 57 orang sudah selesai dilakukan pemantauan.

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada sebanyak 85 orang. Akan tetapi 23 orang telah dinyatakan negatif terjangkit virus itu. Jadi, untuk pasien yang tengah menjalani perawatan sebanyak 62 orang. Dan saru orang yang dinyatakan positif masih menjalani perawatan intensif dari tim medis.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait