Alamak.., Nakes Jarang Ngantor di Tengah Lonjakan Pandemi Covid 19

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Tenaga Kesehatan (Nakes) mestinya disiplin masuk kantor di tengah situasi seperti saat ini, untuk mengantisipasi lonjakan bencana non alam wabah tak kasat Covid 19.

Tapi, bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) masih berstatus honor yang menjalankan tugas di Puskesmas Rokan IV Koto II, Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), disiplin masuk kantor tak begitu penting meski mereka sadar betul dengan tugasnya sebagai garda terdepan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19.

Tersingkapnya Nakes berstatus honor jarang ngantor, dari kicauan warga net lewat status media sosial facebook. Pemilik akun @Jeko Jufrianto menuliskan dalam statusnya, "tenaga kesehatan yang  berstatus sebagai tenaga honorer yang bertugas di Puskesmas Rokan IV Koto II Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang jarang masuk kantor.

Pemilik akun Facebook @Jeko Jufrianto, seorang warga Desa Cipang Kiri Hilir, Kecamatan Rokan IV Koto saat dikonfirmasi membenarkan adanya tenaga kesehatan yang jarang masuk kantor di Puskesmas Rokan IV Koto II.

"Kemarin saya datang ke Puskesmas, tidak ada satu orang tenaga medis yang saya jumpai kecuali security," ujar Jeko kepada wartawan, pada Senin (2/8) sore tadi.

Kata Jeko, tidak disiplinnya tenaga medis di Puskesmas Rokan IV Koto II sudah lumayan lama. Sebelumnya telah dilaporkan ke pemerintah desa dan kecamatan, tak kunjung mendapat tanggapan.

"Sudah pernah dilaporkan ke Pemdes dan pemerintah Kecamatan, cuna dibawa diam saja," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Rokan Hulu, dr. Bambang Triono saat dimintai keterangan mengenai tenaga medis jarang masuk kantor di Puskesmas Rokan IV Koto II mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas.

"Sudah dikoordinasikan dengan kepala Puskesmas, terima kasih infonya," kata Bambang singkat.

Kepala Puskesmas Rokan IV Koto II, Dahliati saat dikonfirmasi lewat selulernya mengatakan tidak tahu, sebab dia sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) setelah terpapar Covid 19 beberapa waktu lalu.

"Saya kurang tahu, coba komunikasi sama Kepala Tata Usaha (Ka TU) saja ya," bebernya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha Puskesmas Rokan IV Koto II, Oking hingga berita ini diterbitkan belum ada tanggapan dan klarifikasi mengenai hal itu.

Editor : Sahdan

Berita Terkait