Andai Dari Dulu, Pemekaran Program Strategis Pemkab Bengkalis

Bengkalis, katakabar.com - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) bersama Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis, untuk kesekian kalinya gelar rapat mengenai pemekaran kecamatan, kelurahan dan desa.

Rapat yang dipimpin Ketua Bapemperda, Sanusi dihadiri wakil ketua DPRD, Syahrial beserta anggota digelas pada Selasa (25/1) lalu.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini saat rapat mengatakan, tujuan dari pertemuan ini sesuai dengan surat yang sudah disampaikan merupakan agenda pemekaran yang dirancang. Dimana latar belakang dari pemekaran ini sudah menjadi pembahasan dan keinginan bersama sebelumnya sebagai sebuah program strategis pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Kita berharap program strategis ini mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat, serta jajaran pemerintah daerah," jelasnya, seperti dikutip dari Situs Resmi DPRD Bengkalis.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Syahrial menjelaskan, pihak kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan pemekaran kecamatan, kelurahan dan desa yang merupakan kebutuhan penting perkembangan pembangunan desa.

"Pemekaran kecamatan, kelurahan dan desa harus sesuai dengan aturan dan undang - undang yang berlaku dan setiap keputusan, serta proposal yang masuk harus dilakukan secara transparan supaya masyarakat tidak salah paham dengan kegiatan Pemekaran Kecamatan, kelurahan dan desa ini, ulasnya.

Wakil Ketua Bapemperda, Hendri menambahkan, setiap kegiatan yang dilakukan ada resikonya. Saya berharap kepada pihak terkait untuk berusaha dan mendukung kegiatan pemekaran ini baik itu pihak eksekutif maupun legislatif, tegasnya.

Setiap daerah yang jumlah penduduknya padat perlu dilakukan pemekaran, salah satunya seperti daerah Rupat sesuai dengan anggaran dan syarat pemekaran kecamatan, kelurahan dan desa, kata Anggota Bapemperda lainnya, Zamzami Harun, Mustar J Ambarita.

Soal tapal batas setiap daerah mesti segera dikelarkan, lantaran sudah cukup lama.

Setiap camat yang hadir di dalam Rapat tersebut, setuju dan mendukung kegiatan pemekaran Kecamatan, kelurahan dan desa ini. Sesuai dengan usulan yang disampaikan pihak Bapemperda dan Komisi I, setiap daerah bakal melakukan rapat bersama tokoh masyarakat, kepala desa dan pihak lainnya yang bersangkutan dengan pemekaran ini, agar tidak terjadi kesalah pahaman di mata masyarakat.
 

Editor : Sahdan

Berita Terkait