Andai Kawasan Gedung LAMR dan Stadion Mini di Bangun RPTRA

Duri (katakabar) - Kawasan gedung Lembaga Adat Melayu Riau dan Stadian Mini Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau yang berada di simpang Pokok Jengkol, Jalan Hang Tuah terhampar lahan kosong di tumbuhi ragam rerumputan.

Lahan kosong yang terhampar mengikuti ruas Jalan Hang Tuah terlihat semak lantaran tak di rawat dan di kelola dengan baik. Padahal lahan kosong dari pada semak tak berfungsi elok di kelola biar bernilai ekonomi bisa bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat.

Menurut Ketua Satgas P2TP2A Duri, Kabupaten Bengkalis, R Amran D kepada katakabar.com di Duri siang tadi, kawasan LAMR dan Stadion Mini yang terhampar lahan kosong punya potensi yang luar biasa andai dimanfaatkan dan digunakan proporsional dan profesional.

Kata Pak RT akrab di sapa, salah satu potensi yang bisa di gali di hamparan lahan kosong Pemerintah lewat Dinas Terkait bisa membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

"Pemerintah bisa membangun RPTRA di hamparan lahan kosong pada kawasan gedung LAMR dan Stadion Mini dengan menggandeng Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI). 

Andai RPTRA terwujud, sangat bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat seperti, warga dapat mengurangi kejenuhan bersantai sejenak setelah melakukan aktivitas selama bekerja seharian. 

Andai RPTRA di bangun di sana, pelajar bisa pula memanfaatkannya terutama pas libur sekolah. Bisa saja masyarakat lebih memilih liburan di kawasan RPTRA dari pada liburan ke luar kota sehingga bisa mengurangi masyarakat bepergian ke luar daerah hanya mencari hiburan.

Adanya RPTRA, dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Posisi dan letaknya yang sangat strategis mudah di jangkau dan dikunjungi dapat menjadi tempat peristirahatan sejenak bagi warga yang mudik saat lebaran dan perayaan hari besar keagamaan.

Tempat ini bisa mengurangi kenakalan remaja. Lihat, pas libur sekolah sebagian anak anak hanya jalan jalan tak terarah tanpa  tujuan. Adanya RPTRA mungkin bisa menjadi pilihan bagi sebagian mereka berkumpul dan bersosialisasi secara individu serta  bersama keluarga.

"RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik".

Duri, Kecamatan Mandau merupakan segitiga emas yang berdampingan dengan beberapa wikayah Kabupaten dan Kota selayaknya,  Pemkab Bengkalis memanfaatkan hamparan lahan kosong di kawasan gedung LAMR dan Stadion Mini.

Bayangkan, betapa besar manfaat bagi masyarakat Duri memiliki 4 Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau punya penduduk yang padat mencapai Tugaratusan Ribu jiwa lebih.

Harapannya kepada Pemangku kebijakan untuk dapat membangun fasilitas biar sejalan dengan Kabupaten Bengkalis sebagai Kota Layak Anak.

Andai di bangun nantinya pengelolaan diserahkan kepada PKK Kecamatan dan masyarakat yang ada disekitarnya, tandasnya.

Editor :

Berita Terkait