Antisipasi Banjir, Kapolres dan Dandim Langkat Bantu Warga Buat Tanggul

  • Reporter: Han
  • 21 November 2022, 19:34:56 WIB
  • Lingkungan, Kabar Khusus, Serba Serbi, Sumut

Langkat, katakabar.com - Antisipasi banjir meluas dan merendam rumah warga, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok bersama Dandim 0203/ Langkat, Letkol inf Mohammad Eko prasetyo turun langsung membantu warga membuat tanggul. 

Keduanya terlihat kompak mengangkat goni berisi tanah, dan diletakkan di sepanjang bibir sungai di Desa Kuala Begumit dan Desa Mangga, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Senin (21/11/2022).

Dua desa tersebut dibatasi dengan alirang sungai Sukobeno yang saat ini meluap akibat tingginya curah hujan. Bahkan air sungai sudah terus masuk ke pemukiman warga yang lebih rendah dari bibir sungai. 

Warga secara swadaya menyiapkan tanah dan dimasukkan kedalam kantung goni serta ditumpuk disepanjang sungai. 

Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok mengatakan, pembuatan tanggul sementara ini dirasa sangat efisien guna mencegah air sungai masuk ke pemukiman warga. Sebab, kondisi pemukiman yang lebih rendah dari sungai. 

"Dengan cara membuat tanggul dari karung goni berisi tanah ini dirasa bisa membantu menahan air sungai agar tidak masuk kepemukiman warga dan memperlambat meliasnya banjir,"ucap kapolres. 

Sementara itu,  Dandim 0203/ Langkat,  Letkol Inf. Mohammad Eko Prasetyo mengatakan sudah memantau kondisi banjir sejak pagi hari,  karena curah hujan sepanjang malam. 

"Sejak pagi saya sudah memantau daerah yang terdampak banjir,  karena hujan yang turun sepanjang malam dengan derasnya," ucap Dandim 0203/ Langkat,  Letkol Inf.  Mohammad Eko Prasetyo. 

Eko juga menjelaskan sudah menurunkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir guna membantu meringankan beban warga. 

"Kodim 0203 Langkat juga sudah memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok bersama dengan Polres Langkat, guna membantu meringankan beban warga yang terdampk banjir," jelas Dandim 0203/ Langkat. 

Hingga saat ini belum ada data resmi dari BPBD Kabupaten Langkat terkait berapa banyak warga yang terdampak banjir akibat hujan yang turun dari sore kemarin hingga pagi hari tadi di Kabupaten Langkat.
 

Editor : Dedi

Berita Terkait