Polisi Sambangi Toko di 'Kota Sagu'

Antisipasi Mercon dan Kembang Api di Malam Tahun Baru 2021

Selatpanjang, katakabar.com - Untuk memastikan tidak ada peredaran mercon dan kembang api menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, aparat kepolisian dari Polres Kepulauan Meranti samabangi sejumlah toko di Selatpanjang, Kamis (24/12) kemarin.

Giat pengecekan dan pendataan terhadap toko yang biasa menjual mercon dan kembang api dilakukan sebagai upaya cipta kondisi kondusif menjelang malam Natal dan pergantian Tahun Baru 2021, ujar Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito kepada katakabar.com.

Dijelaskan AKBP Eko, perayaan Natal dan pergantian malam Tahun Baru 2021 identik dengan menyalakan kembang api yang memicu masyarakat Kepulauan Meranti untuk berkumpul.

"Larangan kegiatan di malam Natal dan Tahun Baru semata-mata untuk mencegah penyebaran Covid 19 di Kepulauan Meranti," tegasnya.

Dari pengecekan dan pendataan yang dilakukan lanjut AKBP Eko, pihaknya menemukan adanya mercom dan kembang api yang tersimpan di sejumlah toko di Selatpanjang.

"Pengakuan pemilik toko, mercon dan kembang api barang sisa Tahun 2019. Untuk tahun ini tidak ada lagi memesan maupun mengedarkan petasan dan kembang api."

Pihaknya mengimbau pelaku usaha untuk tidak menjual atau mengedarkan mercon dan kembang api pada momen Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal itu sesuai maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, serta Surat Edaran Bupati Kepulauan Meranti tentang panduan penyelenggaraan perayaan Natal dan Tahun Baru di masa pandemi Covid 19, ulasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait