Apa Kabar Kasus KUD Tani Bahagia Diduga Garap TNTN ?

Katakabar.com - Ribuan hektar kawasan Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) di Desa Puntian Mekar, Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ) berbatasan dengan Kabupaten Inhu dengan Pelalawan yang diduga kuat berubah alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit oleh Koperasi Unit Desa Tani Bahagia (KUD-Tani Bahagia).

Kasus tersebut sampai saat ini belum ditindaklanjuti pihak berwenang. Belum ada penegak hukum yang menyelidiki kebenaran informasi tersebut. Bahkan pihak KUD juga masih bungkam.

Aktivis Lingkungan Tommy Freddy Manungkalit meminta penegak hukum menindaklanjuti laporan dan informasi dari warga. Dia tak ingin hutan negara dimanfaatkan oleh segelintir orang.

"Kita ingin ada titik terang, apakah TNTN itu digarap KUD Tani Bahagia atau tidak. Caranya, ya dengan menyelidikinya, tentu itu tugas penegak hukum," kata Tommy di Pekanbaru, Rabu (23/9).

Sementara itu, Kepala TNTN Pelalawan, Tulus Hutahuruk mengatakan bahwa pihaknya saat ini belum mengetahui perihal adanya penggarapan kawasan hutan diareal TNTN. 

"Kita saat ini belum mengetahui informasi tersebut, kendati demikian ini akan kita selidiki jika benar perihal penggarapan itu akan kita proses dan pidana tentunya terhadap oknum-oknum yang bermain," ujarnya, pada Mei 2020 lalu.

Sementara itu, Ketua DPRD Inhu, Samsudin pun angkat bicara. Menurut dia jika informasi dugaan alih fungsi lahan di TNTN itu benar adanya, maka dia sangat menyayangkan hal itu terjadi.  Harusnya, kata dia, KUD Tani Bahagia Patuhi Undang-Undang dan Peraturan.

"Bagi KUD, Koperasi atau masyarakat yang menggarap kawasan hutan, kita berharap untuk dapat mengurus izin terlebih dahulu ke Mentri dan dinas terkait agar dikemudian hari tidak menjadi masalah," katanya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu PLT Ketua KUD Tani Bahagia,  Erwin Simanjuntak saat dikonfirmasi melalui pesan singkat perihal dugaan menggarap kawasan TNTN belum mendapat jawaban. Hingga berita ini diturunkan, Erwin tak kunjung memberikan respon. 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait