APBD P 2021 Pemprov Riau Belum Bisa Cair, Ini Penyebabnya

Pekanbaru, katakabar.com - Pembahasan dan pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Provinsi Riau tahun 2021, sudah beres dilaksanakan. Tapi, saat ini APBD Perubahan tersebut belum bisa digunakan disebabkan masih evaluasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, sesuai aturan setelah dilakukan pengesahan APBD Perubahan 2021 oleh Pemprov Riau dan DPRD, selanjutnya APBD P 2021 dikirimkan ke Kemendagri untuk dievaluasi.

"Hingga saat ini Kemendagri masih melakukan evaluasi terhadap Anggaran APBD Perubahan Provinsi Riau tahun 2021. Lantaran hasil evaluasi belum keluar, anggaran tersebut belum bisa digunakan," ujar Sekdaprov, pada Minggu (24/10) kemarin, seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Riau.

Dijelaskan Sekdaprov Riau ini, kalau evaluasi APBD perubahan sudah turun dari Kemendagri, anggaran perubahan sudah bisa digunakan. 

"Kalau sudah turun bisa digunakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa turun evaluasinya," tegasnya.

Sekedar diketahui, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Provinsi Riau tahun 2021 berjumlah Rp9,680 triliun. Naik dari APBD murni tahun 2021 yang disahkan Rp9,132 triliun. 

"Ada kenaikan sedikit dari APBD murni 2021," kata Gubernur Provinsia Riau, Syamsuar lepas menghadiri rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan APBD Perubahan tahun 2021, pada Kamis (23/9) lalu di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.

Editor : Sahdan

Berita Terkait