Saling Peduli Lawan Corona

Aplikasi 'Peduli Lindungi' Diluncurkan, Jurus Jitu Pemkab Madina Cegah Corona

Mandailing Natal, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten Bengkalia meluncurkan Aplikasi 'Peduli Lindungi'. Adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Corona virus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid 19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini bakal mendapatkan notifikasi, jika berada di keramaian atau berada di zona merah, area atau kelurahan yang sudah terdata ada orang yang terinfeksi Covid 19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan, seperti dikutip lewat siaran pers Kominfo Kabupaten Mandailing dari Situs Resmi Pemkab Madina.

'Peduli Lindungi' menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Saat ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di 'Peduli Lindungi' bakal terjadi pertukaran id anonim yang  direkam oleh gadget masing-masing.

Selanjutnya, 'Peduli Lindungi' mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid 19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). 

Hal ini sangat membantu saat orang itu tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

'Peduli Lindungi' sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya diakses bila anda dalam risiko tertular Covid 19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Nah, bila Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus Covid 19 positif, baik Anda tahu ataupun tidak tahu orangnya, 'Peduli Lindungi' membantu petugas resmi pelacakan kontak untuk menghubungi Anda lebih cepat. 

Dengan begitu, lebih cepat  menghentikan penularan Covid 19, sehingga kita bisa melindungi orang-orang yang tercinta di sekitar kita.

Dari berbagai sumber yang layak dipercaya menyebutkan, Bumi Gordang Sembilan nama lain dari Kabupaten Mandailing Natal hingga kini msih nihil Covid 19. 

 

 

 
 
 
 
Editor : Sahdan

Berita Terkait