AS Batalkan Dakwaan Terhadap Eks Menhan Meksiko Terkait Kartel Narkoba

Katakabar.com - Pemerintah AS akan membatalkan dakwaannya terhadap mantan menteri pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda yang dituduh melakukan perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Cienfuegos yang merupakan menteri pertahanan Meksiko dari 2012 hingga 2018 ditangkap di bandara Los Angeles bulan lalu. Jaksa penuntut mengatakan dia memiliki hubungan dengan kartel narkoba H-2 yang sangat kejam.

Tetapi pada hari Selasa (17/11) seperti dilansir BBC.com, Departemen Kehakiman AS mengatakan akan berusaha untuk membatalkan dakwaan tersebut sehingga dia dapat diselidiki dan mungkin dituntut berdasarkan hukum Meksiko.

Pria berusia 72 tahun itu mengaku tidak bersalah atas dakwaan bulan lalu. Dia dijadwalkan hadir di pengadilan federal AS di New York pada Rabu sebelum berita itu tersiar.

Jaksa Agung AS William Barr dan Jenderal Fiskalia Meksiko Alejandro Gertz Manero mengeluarkan pernyataan bersama tentang Jenderal Cienfuegos pada hari Selasa.

Dikatakan bahwa AS telah mengambil keputusan untuk mengajukan pencabutan dakwaan "sebagai pengakuan atas kemitraan penegakan hukum yang kuat antara Meksiko dan Amerika Serikat, dan untuk kepentingan menunjukkan front persatuan kami melawan semua bentuk kriminalitas".

Jaksa penuntut menulis dalam pengajuan pengadilan bahwa "pertimbangan kebijakan luar negeri yang sensitif dan penting lebih besar daripada kepentingan pemerintah dalam mengejar penuntutan terdakwa ... dan oleh karena itu memerlukan pembatalan kasus".

Jenderal Cienfuegos bertugas di bawah mantan Presiden Enrique Pena Nieto. Sebagai anggota paling senior angkatan bersenjata Meksiko, dia memainkan peran utama dalam perang negara melawan narkoba, yang telah merenggut puluhan ribu nyawa.

Koresponden BBC Meksiko Will Grant mengatakan ada tuduhan keterlibatan antara negara bagian dan kartel narkoba yang kuat di negara itu selama masa kepresidenan Mr Pena Nieto.

Merdeka.com

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait