AS Tinjau Dukungannya untuk Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman

  • Reporter:
  • 29 Agustus 2018, 01:26:04 WIB
  • Internasional

WASHINGTON (katakabar) - Amerika Serikat (AS) terus-menerus meninjau kembali dukungan yang diberikannya kepada koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman. Hal itu dikatakan oleh Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, tanpa menunjukkan adanya pembatasan dalam bantuan.

“Kami terus meninjau dukungan apa yang kami berikan,” kata Mattis seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/8/2018).

 

“Tindakan kami di sana adalah mencoba untuk menjaga manusia tidak berdosa terbunuh secara tidak sengaja hingga batas minimum absolut. Itulah tujuan kami di mana kami terlibat dengan koalisi," tuturnya.

“Tujuan kami adalah untuk mengurangi tragedi ini dan membawanya ke meja yang diperantarai PBB secepat mungkin,” tukasnya.

Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi yang bertempur di Yaman tengah menjadi sorotan. Sejumlah serangan terakhir dari koalisi Arab menewaskan puluhan anak-anak.

 

Pada awal bulan ini, sekitar 40 anak-anak yang tengah berada di sebuah bus sekolah meregang nyawa akibat serangan udara koalisi Arab. Selang dua minggu kemudian, 26 anak-anak tewas di dua lokasi di Yaman juga akibat serangan udara koalisi Arab.

Akibatnya sejumlah tekanan pun muncul dan mendesak dilakukan penyelidikan independen atas serangan-serangan tersebut. Namun koalisi Arab membantah tuduhan tersebut.

Agresi Koalisi Arab terhadap Yaman dengan dalih memerangi pemberontak Houthi sudah berlangsung sejak Maret 2015. Konflik itu telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan banyak warga di negara miskin itu dilanda kelaparan.

Editor :

Berita Terkait